Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Panduan Penulis

Jurnal Metalanguage

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Template Artikel Jurnal

Judul Maksimum 14 Kata, ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) dengan huruf jenis ARIAL, font 16,

KAPITAL semua untuk yang berbahasa Indonesia; hanya huruf awal yang KAPITAL untuk yang berbahasa Inggris

Nama Penulis Pertama (nama lengkap, tidak disingkat, dan tanpa title)
alamat email
Instansi

Nama Penulis Kedua (tanpa gelar dan tanpa title)
alamat email
Instansi 

Nama Penulis Ketiga (tanpa gelar dan tanpa title)

alamat email
Instansi

 

ABSTRAK: Abstrak merupakan gambaran singkat dari keseluruhan artikel atau karya tulis ilmiah, yang isinya memuat empat komponen, yaitu: (1) Latar belakang singkat (2) Masalah dan tujuan; (3) Metoda yang digunakan; (4) Hasil dan Pembahasan; dan (5) Simpulan dan Saran. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, abstrak ditulis dalam satu-tiga paragraf tanpa catatan kaki atau kutipan pustaka, satu spasi, dan paling banyak memuat 400 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak dalam bahasa Inggris menyesuaikan.

 

Kata kunci: 3-5 kata kunci, kata kunci 1, kata kunci kata 2, dst.

 

ABSTRACT: Abstract is a short description of an article or scientific paper consisting four components, namely: 1) Background in brief (2) Problems and objectives; (3) The method used; (4) Results and Discussion; and (5) Conclusions and Suggestions. Abstracts are written in two languages, namely Indonesian and English. In addition, abstracts are written in one or three paragraphs without footnotes or citation, one space, and contain at most 400 words in Indonesian. Abstract in English adapts.

 

Keywords: 3-5 keywords, keyword 1, keyword 2, dst…

PENDAHULUAN

Naskah diketik pada kertas A4 dengan margin kiri 4 cm atas 4 cm kanan 3 cm dan bawah 3 cm. Jenis huruf Arial 12pt dan ditulis dengan jara 1 ½ spasi. Jumlah halaman maksimal 10-15 halaman (termasuk daftar pustaka). Pendahuluan diantaranya berisi: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian dan kajian teori,. Di dalam Pendahuluan tidak perlu menggunakan sub-sub judul.

 

METODE

Meliputi rancangan/model, tata cara teknik pengumpulan data/informasi, tempat dan waktu, serta proses pengolahan dan analisis data/ informasi. Di dalam Metode tidak perlu menggunakan sub-sub judul.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Meliputi penyajian data/informasi yang diperoleh dan menganalisis data/informasi sesuai dengan tujuan penulisan artikel. Di dalam uraian tentang Hasil dan Pembahasan, dapat menggunakan sub-sub judul sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Sub judul ditulis dengan huruf tebal dan miring. Apabila terdapat sub-sub judul, maka sub-sub judul ditulis miring tetapi tidak tebal. Uraian tentang Hasil dan Pembahasan harus didukung oleh rujukan/ referensi.

Pembahasan harus fokus. Jika artikelnya melakukan percobaan, maka hasil percobaan sebaiknya ditampilkan dalam bentuk grafik atau pun tabel. Keterangan gambar, grafik atau carta (caption) mengunakan jenis huruf Arial dengan ukuran huruf (font size) 9 dan dituliskan center di bawah gambar.

 

Contoh:

Gambar 1 Worldwide Telscope

Gambar dan tabel harus diletakkan sedekat mungkin dengan teks yang berhubungan. Hindari penggunaan gambar dan tabel berwarna, karena jurnal akan dicetak hitam- putih. File gambar harus disertakan dalam format .gif, .jpg, .bmp, .png, .psd, atau .ai. Semua gambar dan tabel harus disertai keterangan dan nomor gambar atau tabel.

Jika terdapat kutipan, maka dituliskan dalam badan kalimat, misalnya (Reizer, 2007: 2-5).

Gambar 2 Grafik perbandingan

Sedangkan untuk tabel yaitu keterangan tabel harus diletakkan rata kiri di atas tabel tersebut dengan menggunakan Arial 9 point. Tabel dibuat dengan ukuran lebar 1 kolom seperti contoh Tabel 1. Tabel meminimalisasi penggunaan garis vertikal.

Tabel 1 Rangkuman Anava dua jalur

 

Test Value = 0


t


df

Sig. (2-

tailed)

Mean Differen ce

95% Confidence Interval of the

  Difference

   

Lower

Upper

Skor Motivasi. Sik.1

57.92

1


23


.000


89.500


86.30


92.70

Skor.Motiva si.Sik.2

51.39

4

23

.000

94.542

90.74

98.35

 

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan harus mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Simpulan merupakan sintesa kesesuaian antara masalah, tujuan, dan hasil. Penulisan simpulan tidak menggunakan pointer dan penomoran tetapi menggunakan alinea. Saran merupakan tindak lanjut atau implementasi dari simpulan.

DAFTAR PUSTAKA

Penulisan daftar pustaka dibagi menjadi 3 klasifikasi yaitu: buku, jurnal/prosiding/disertasi/ tesis/skripsi, dan lain-lain. Beberapa contoh cara penulisannya adalah sebagai berikut.

Buku

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Norton, P., and Apargue, D. (2001). Technology for Teaching. Boston, USA: Allyn and Bacon.

 

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Diana, F. (2000). Pengaruh Cara Belajar pada Siswa SMP terhadap Prestasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sukra, I. N. dan Handay, L. N. C. (2015). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar (Modul) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Untuk Akuntansi. Jurnal Teknodik Vol. 18 No. 3 Edisi Juni 2015. hal 96-103. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/ind ex.php/jurnalteknodik/article/view/150/14 9 (Diunduh tanggal 1 November 2015).

 

Lain-lain

Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. https://www.setneg.go.id/index.php?option

=com_perundangan&id=404080&task=det ail&catid=1&Itemid=42&tahun=2014 (Diunduh tanggal 1 November 2015).

Punaji, S. (2008). Pengertian, Fungsi, dan pemanfaatan Media Pembelajaran. Makalah lokakarya penyusunan GBIM, Peta Kompetensi, Peta Konsep, Jabaran Materi, di Hotel Kusuma Madya Bandungan Semarang. BPM Semarang. 1- 4 April 2008. Tidak diterbitkan.

Articles

Section default policy

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.