Tiap ANALISIS PRINSIP PENILAIAN DAN EVALUASI BAHASA MELALUI TEST BAHASA INGGRIS
Kata Kunci:
analisi, bahasa, penilaiaan, evaluasi, inggris, ujianAbstrak
Penelitian ini menganalisis penerapan penilaian bahasa Inggris berdasarkan lima prinsip dasar evaluasi, yaitu: praktikalitas, reliabilitas, validitas, autentisitas, dan dampak balik (washback). Penilaian dirancang untuk mengukur keterampilan siswa dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis melalui kombinasi soal pilihan ganda dan esai. Tes ini diberikan kepada 28 siswa kelas VIII-B di SMP Taman Siswa Pematangsiantar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dukungan data kuantitatif, termasuk pengecekan reliabilitas antar penilai dan analisis tingkat kesulitan soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes bahasa Inggris yang dikembangkan bersifat praktis dan dapat diterapkan dalam kondisi kelas yang sebenarnya, memiliki reliabilitas tinggi melalui konsistensi penilaian antar penilai, serta valid dalam mengukur keterampilan bahasa yang ditargetkan. Selain itu, tugas-tugas dalam tes mencerminkan penggunaan bahasa dalam konteks kehidupan nyata (autentik) dan memberikan dampak balik positif melalui umpan balik yang berguna bagi peningkatan proses belajar mengajar. Temuan juga menekankan pentingnya akurasi tata bahasa, terutama dalam keterampilan produktif seperti berbicara dan menulis.
Studi ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip penilaian bahasa dapat diterapkan secara efektif di kelas EFL (English as a Foreign Language) di Indonesia, bahkan dengan keterbatasan sarana dan prasarana. Hasil penelitian ini menjadi referensi praktis bagi guru dan peneliti dalam merancang tes bahasa Inggris yang valid, reliabel, dan autentik di tingkat sekolah menengah pertama. Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi pada diskusi berkelanjutan tentang bagaimana tes bahasa tidak hanya berfungsi untuk mengukur kemampuan, tetapi juga mendukung perkembangan siswa secara bermakna dan berkelanjutan.
Referensi
Alderson, J. C., Clapham, C., & Wall, D. (1995). Language test construction and evaluation. Cambridge University Press.
Anderson, J. (2005). Developing tests and assessments for teaching English. British Council.
Bachman, L. F., & Palmer, A. S. (1996). Language testing in practice: Designing and developing useful language tests. Oxford University Press.
Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.
Fulcher, G., & Davidson, F. (2007). Language testing and assessment: An advanced resource book. Routledge.
Green, A. (2007). Washback in language testing: Research contexts and methods. Cambridge University Press.
Hughes, A. (2003). Testing for language teachers (2nd ed.). Cambridge University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Kurikulum 2013: Kompetensi inti dan kompetensi dasar SMP/MTS. Kemdikbud.
McNamara, T. (2000). Language testing. Oxford University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 rahel purba, Riby Astri Siboro, Hery Renaldi Tarigan, Rani Puspa Sari, Dumaris E Silalahi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.