HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i1.92Keywords:
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi belajar, salah satunya adalah yang sudah diuraikan di atas yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain dari kemampuan berpikir tingkat tinggi, faktor lain yang juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah adanya motivasi belajar yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 36 siswa kelas X MIPA 3 SMA Santa Maria Surabaya. Instrumen yang digunakan yaitu tes essay sebanyak 3 butir soal untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan angket motivasi belajar sebanyak 40 pernyataan. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda dengan bantuan software SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan hasil belajar matematika, hubungan antara motivasi dengan hasil belajar matematika, hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan motivasi belajar, serta hubungan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai sig. < 0,05.



