MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI KELAS VIII SMP KRISTEN DHARMA MULYA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i1.89Keywords:
Motivasi Belajar, Pembelajaran daringAbstract
Salah satu momok dalam pembelajaran daring siswa adalah tidak mendapatkan penanganan secara langsung dalam menghadapi permasalahan pada materi yang diberikan oleh Guru. SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya telah mempunyai e-learning milik sendiri sejak tahun 2018 tetapi para guru dan siswa tidak selalu menggunakannya oleh karena pembelajaran dengan tatap muka namun sejak masa pandemi, e-learning tersebut dipergunakan kembali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Sampel dalam penelitian ini wali kelas VIII dan siswa di kelas VIII SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi (gabungan) yang bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan pada makna generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur di e-learnig SMP Kristen Dharma Mulya Surabaya memberikan dampak positif bagi siswa kelas VIII dan sesuai visi dan misi SMP Kristen Dharma Mulya. Wali kelas dengan selalu menggunakan elearning unuk menciptakan komunikasi dua arah seperti penyediaan Daily report yang ternyata dapat memberikan motivasi belajar secara daring. Hal ini menunjukan bahwa e-learning dan jalinan komunikasi dua arah memberikan motivasi belajar siswa pada masa pandemic.



