PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA SAAT MEMPELAJARI MATEMATIKA
Keywords:
Kejenuhan, Penerapan, Quantum LearningAbstract
Penerapan pembelajaran quantum dalam pelaksanaan pemecahan masalah memiliki tujuan agar diperoleh deskripsi pelaksanaan pembelajaran quantum yang dilakukan seorang guru saat melakukan penyelesaian masalah terkait kejenuhan siswa khususnya di kelas VIII SMP Nurul hikmah saat mempelajari matematika. Metode proses memecahkan masalah disini merupakan deskripsi kualitatif. Objeknya guru kelas VIII SMP Nurul Hikmah tahun pelajaran 2023 - 2024. Data diperoleh dengan melakukan pengamatan, tanya jawab dan pengambilan dokumen terkait. Berdasarkan teori miles dan huberman yang berisikan tentang penyederhanaan data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan data. Penerapan ini menghasilkan 6 komponen pembelajaran quantum diantaranya tumbuhkan, alami, namai, demontrasi, ulangi dan rayakan. Menurut proses penerapan tersebut menghasilkan peningkatan output pembelajaran pada siswa. Penerapan pembelajaran quantum mengarahkan siswa agar aktif melakukan pembelajaran dan meningkatkan performa siswa di kelas. Sehingga pembelajaran quantum dapat menurunkan tingkat kejenuhan siswa kelas VIII SMP Nurul Hikmah dalam belajar matematika serta menjadikan siswa lebih termotivasi .
References
Ahmad, I. S. (2012). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning (PTK di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas VII Tahun 2011/2012) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Andriansyah, E. H., & Kurniawan, A. A. (2025). The Effect Of Students Learning Style And Perceptions Of The Teachers Teaching Styles Variants On National Income Materials In Sekolah Penggerak. AL-TAKLIM, 32(1). https://doi.org/10.15548/jt.v32i1.873
Andriyani, L., Arifin, Z., & Agustini, F. (2018). Pengembangan Media Papi Semar Berbasis Model Quantum Teaching Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas III SDN 02 Teguhan Gobogan. Jurnal Sekolah (JS), 2(3), 253-58.
Cicik, P. (2019). Analisis kemampuan kognitif Mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Cakrawala Pendidikan, 23(2), 13-26.
Enzmann, D., Schaufeli, W. B., Janssen, P., & Rozeman, A. (1998). Dimensionality and validity of the Burnout Measure. Journal of occupational and organizational psychology, 71(4), 331-351.
Ichsan, R. N., SE, M., Lukman Nasution, S. E. I., & Sarman Sinaga, S. E. (2021). Bahan Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). CV. Sentosa Deli Mandiri.
Haven, K. (2007). Story proof: The science behind the startling power of story. Bloomsbury Publishing USA.
Kurikulum, B., & Sekunder, D. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Bina Aksara.. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Darmansyah. 2012. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. In Jurnal Seminar Internasional Riska Bahasa (Vol. 2, No. 1, pp. 13-14).
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annual review of psychology, 52(1), 397-422.Schaufeli, W. (2007). Burn-out in discussie. De Psycholoog, 10, 534-540.
May, R. W., Bauer, K. N., & Fincham, F. D. (2015). School burnout: Diminished academic and cognitive performance. Learning and Individual Differences, 42, 126-131.Seibert, S. E., Kraimer, M. L., & Heslin, P. A. (2016). Developing career resilience and adaptability. Organizational Dynamics, 45(3), 245-257.
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal).
Ramadhana, M. R., Mistar, J., & Rangkuti, Y. A. (2019). Survei minat belajar siswa di smk negeri 4 dan smk negeri 1 dalam mengikuti mata pelajaran penjaskes di Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 2(2), 40-46.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Slivar, B. (2001). The syndrome of burnout, self-image, and anxiety with grammar school students. Horizons of Psychology, 10(2), 21-32.
Sujatmika, S., Hasanah, D., & Hakim, L. L. (2018, April). Effect of quantum learning model in improving creativity and memory. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1006, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.
Syah, A. F., Setyowati, N., & Susilo, E. (2019). Preliminary findings on distribution of Bali Sardinella (Sardinella lemuru) in relation to oceanographic conditions during southeast monsoon in Bali Strait using remotely sensed data. Journal of marine science, 1(1).
Yavuz, G., & Dogan, N. (2014). Maslach burnout inventory-student survey (MBI-SS): a validity study. Procedia-social and behavioral sciences, 116, 2453-2457.
Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84-96.



