PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE CONSEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.56707/jedarr.v3i2.207Keywords:
representasi Matematik, Metode Conseptual Understanding Procedures (CUPs)Abstract
Representasi matematis adalah cara mengungkapkan gagasan matematika dengan menerjemahkan permasalahan ke dalam bentuk visual seperti gambar, grafik, tabel, tulisan, atau simbol. Model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit dengan pendekatan konstruktivistik, yaitu meyakini bahwa siswa membangun pemahaman mereka sendiri dengan mengembangkan atau memodifikasi pengetahuan yang sudah ada, serta menerapkan prinsip pembelajaran kooperatif dan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan represetasi matematika siswa dengan metode Conseptual Understanding Procedures (CUPs) pada pokok bahasan Himpunan kelas VII SMP Nurul Hikmah, Murangsanah Mandung pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode Conseptual Understanding Procedures (CUPs).
References
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Goldin, G. A. (2002). Representation in mathematical learning and problem solving. L. D. English (Ed.), Handbook of international research in mathematics education 1 (pp. 185–235). Lawrence Erlbaum Associates Publishers
Duval, R. (2006). A cognitive approach to problems of representation in mathematics. Educational Studies in Mathematics, 61(1-2), 103–131.
Hikmah, Nurul. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Penelitian. Mataram: Universitas Mataram.
Prastiwi, Dkk. (2014). Efektifitas Pembelajaran Conseptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Aspek Koneksi Matematika, Eksperimen, Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Purba, A. C. E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (CUPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan TP 2018/2019.
Agung, G. H., & Ardiansyah, A. S. (2023, March). Telaah model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 360-366).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmansyah. 2012. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jurnal Seminar Internasional Riska Bahasa (Vol. 2, No. 1, pp. 13-14)..
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal).
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46.
Yusra, N. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan representasi matematik siswa (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).



