MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Authors

  • Ahmad Hafifuddin IKIP Widya Darma
  • Sri Rejeki Puri Wahyu Pramesthi
  • Rudi Antonius IKIP Widya Darma

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v3i2.203

Keywords:

matematika, pemahaman, realistik

Abstract

Pembelajaran matematika realistik berkaitan dengan sekeliling kita, sesuatu yang pernah dialami siswa dalam hal yang biasa dilakukan tiap harinya, dan matematika diterapkan sebagai kegiatan siswa. Siswa – siswa yang berkegiatan ini diarahkan untuk dapat mencari penyelesaian secara mandiri masalah yang dihadapi pada setiap harinya. Pada Pembelajaran matematika realistik ini pendidik diperkenankan berpartisipasi menjadi mentor, mengawasi, memandu, dan mengarahkan, sedangkan siswa melakukan penalaran dan adaptasi dengan menyesuaikan atau mengkondisikan hal yang berkaitan dengan menghargai suatu pendapat dari pihak yang terlibat. Penelitian dalam artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman matematika siswi kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi Malang dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian dalam artikel ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswi kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi Malang sebanyak 30 siswi. Materi yang digunakan yaitu materi peluang. PTK ini dilakukan dengan 3 siklus dimana masing – masing siklus dilakukan 2 pertemuan, dan tiap siklusnya terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Menurut hasil penelitian yang telah dihasilkan, dapat diambil kesimpulan bahwa keaktifan siswa meningkat menjadi 85% pada siklus 3, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dengan rata – rata nilai sebesar 88 di siklus 3, dan ketuntasan belajar siswa pun meningkat di siklus 3 sebayak 26 siswi dari 30 siswi atau secara presentase meningkat menjadi 86,67%.

References

Bungin, B. (2007). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fathurrohman, P., & Sutikno. (2007). Strategi belajar mengajar matematika. Bandung: Retika Aditama.

Maulida, E., dkk. (2010). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan matematika realistik pada materi peluang. Banda Aceh.

Noormandiri, B. K. (2012). Matematika untuk SMA kelas XI program ilmu sosial. Jakarta: Erlangga.

P3G. (2016). Makalah perancangan dan pengembangan materi pembelajaran. Malang: IKIP Budi Utomo Malang.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Soedjana. (1985). Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sudharta, I. G. P. (2004). Realistic mathematics: Apa dan bagaimana? Jurnal Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://www.depdiknas.co.id/editorial:jurnal_pendidikan_indonesia pada 20 September 2015.

Suherman, E., dkk. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA.

Sukajati. (2008). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Suwangsih, E., & Tiurlina. (2006). Model pembelajaran matematika. Bandung: UPI Press.

Zulkardi, & Ilma, R. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI). JIIP Balitbang. Diakses dari http://eprints.unsri.ac.id/540/1/Prof.Dr.Zulkardi_Dr.Ratuilma_di_JIPP-Balitbang.pdf pada 15 Oktober 2015.

Published

31-12-2024

How to Cite

Hafifuddin, A., Pramesthi, S. R. P. W., & Antonius, R. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Journal of Education and Research, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.56707/jedarr.v3i2.203