ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY
DOI:
https://doi.org/10.56707/jedarr.v3i1.187Keywords:
Kesalahan Siswa, Self Efficacy, Soal MatematikaAbstract
Dalam menyelesaikan persoalan matematika, siswa diharapkan teliti dan dapat menggunakan rumusan yang tepat saat menjawab soal. Rendahnya kemampuan matematis siswa sehingga menimbulkan kesalahan saat menjawab soal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah tinggi rendahnya tingkat self – efficacy siswa. Self – efficacy matematika merupakan kemampuan atau kepercayaan diri seseorang dalam menyelesaikan masalah matematika. Semakin tinggi tingkat self – efficacy seseorang, maka kemampuan dalam menyelesaikan masalah juga semakin besar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari self – efficacy pada materi vektor. Untuk menganalisis kesalahan – kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat menggunakan teori Newman, dimana ada 5 jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan pemahaman, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan memproses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akutansi SMK Wonokromo Surabaya semester 1 yang berjumlah 7 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis – jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dengan tingkat self – efficacy tinggi adalah (1) kesalahan transformasi, (2) kesalahan memproses dan (3) kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis – jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dengan tingkat self – efficacy sedang adalah (1) kesalahan pemahaman, (2) kesalahan transformasi, (3) kesalahan memproses, dan (4) kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan jenis – jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan tingkat self – efficacy rendah adalah (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan pemahaman, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan memproses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir.
References
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. Makassar: 2021.
Arifin, Zaenal. 2018. “Comparison of Polya and Newman Procedures on Problem Solving of Mathematics.” Jurnal Theorems: The Original Research of Mathematics 3(2):149–56.
Bandura, Albert, and Sebastian Wessels. Self-efficacy. Vol. 4. na, 1994.
Barus, Mika Debora Br. 2020. “Analisis Aplikasi Dan Penerapan Matematika Pada Ilmu Ekonomi Fungsi Permintaan Dan Penawaran.” Akutansi Bisnis Dan Publik 11(1):1–11.
Christianti, Md Rai Advina. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 1(2):86–93. doi: 10.23887/ijerr.v1i2.14707.
Dahlya Narpila, Suci. 2020. “Peningkatan Self Efficacy Matematis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Inquiry.” Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME 2(2):108–18.
Dwi Listiana, Annida, and Sutriyono Sutriyono. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas Vii Smp.” Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter 1(1):60. doi: 10.31764/pendekar.v1i1.280.
Hadi, Samsul, Heri Retnawati, Sudji Munadi, Ezi Apino, and Nidya F. Wulandari. 2018. “The Difficulties Of High School Students In Solving HOTS Problems.” Problems of Education in the 21st Century 76(4):97–106.
Indraswara, Windu Tri, Dian Kusmaharti, and Via Yustitia. 2023. “Analisis
Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau Dari Self Efficacy.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 4(3):1685–1708. doi: 10.54373/imeij.v4i3.324.
Jalal, Novita Maulidya. 2022. “Persepsi Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 5(1):27–40. doi: 10.24256/pijies.v5i1.2591.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2016
Mafruhah, Laely, and Arif Muchyidin. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 15(1):24–35. doi: 10.21831/pg.v15i1.26534.
Ria Nur Fitriani, and Heni Pujiastuti. 2021. “Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05(03):2793–2801.
Sari, Dian Kartika. 2023. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Boolean Berdasarkan Teori Kastolan.” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 11(2):237–47. doi: 10.37905/euler.v11i2.22478.
Sitanggang, Sri Meragnes, Syarifah Fatimah, and Syukur Saud. 2018. “Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 2(1):28–34. doi: 10.26858/eralingua.v2i1.5634.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Bandung : 2022.
Widodo, Sri Adi. 2016. “Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Pada Mahasiswa Matematika.” AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan 4(1). doi: 10.12928/admathedu.v4i1.4810.



