PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI

Authors

  • Izza Nur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Albrian Fiky Prakoso

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.165

Keywords:

Efikasi Diri, Persepsi Siswa, Mengajar Guru, Kemandirian Belajar

Abstract

Dalam pembelajaran, kemandirian sangat dibutuhkan oleh siswa, agar siswa mempunyai rasa bertanggung jawab atas segala hal yang dilakukannya dalam mengatur dan mendisiplinkan diri nya sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh dari efikasi diri dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru ekonomi terhadap kemandirian belajar ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Sumber data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Puri. Jumlah sample yang digunakan pada penelitian ini adalah 204 siswa kelas X SMA Negeri 1 Puri. Hasil penelitian ini yaitu efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar ekonomi dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru ekonomi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar ekonomi serta efikasi diri dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap kemandirian belajar ekonomi.

References

Ahlam Alghamdi, M. E., Aryn C. Karpinski, P. D., Andrew Lepp, P. D., & Jacob Barkley, P. D. (2019). Online and Face-to-Face Classroom Multitasking and Academic Performance: Moderated Mediation with Self-Efficacy for Self-Regulated Learning and Gender.

Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.

Azka, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika …. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/view/3992

Chaer, M. T. (2016). 10-Self Effikasi Dan Pendidikan. 3, 106–122.

Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199.

Hockings, C., Thomas, L., Ottaway, J., & Jones, R. (2018). Independent learning–what we do when you’re not there. Teaching in Higher Education, 23(2), 145–161. https://doi.org/10.1080/13562517.2017.1332031

Istiyani, D. (2019). Sebagai Model Pembelajaran Alternatif. 131–142.

Karmila, N., & Raudhoh, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 108–111. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2692

Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409

Loeng, S. (2020). Self-directed learning: A core concept in adult education. In Education Research International (Vol. 2020). https://doi.org/10.1155/2020/3816132

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Indonesian Journal of Learning Education and Counseling. Hubungan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Anak, 3(1), 42. http://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC/article/view/586/339

Nugraheni, N. (2022). Student’s Learning Independence Profiles in Solving HOTS Questions Related to Numeracy. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(15), 20–29. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i15.5557

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990

Nurhadiyati, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi. 20, 1–16.

Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The Effect of Learning Discipline on Independence Student Learning. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70–79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937

Putra, P. S. P., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 145. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p14

Rachmayanti, Triana, H. (2020). Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI Semester 1 Di SMA Negeri 13. Jurnal Pendidikan Tari, 1(01), 1–10.

Rasyid, A. (2019). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH PADA SISWA KELAS VIII MTsN 17 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 89. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2333

Reinders, H. (2010). Towards a classroom pedagogy for learner autonomy: A framework of independent language learning skills. Australian Journal of Teacher Education, 35(5), 40–55. https://doi.org/10.14221/ajte.2010v35n5.4

Salleh, U. K. M. (2019). Roles of self-directed learning and social networking sites in lifelong learning. International Journal of Instruction, 12(4), 167–182. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12411a

Shurygin, V. Y. (2016). Electronic learning courses as a means to activate students’ independent work in studying physics. International Journal of Environmental and Science Education, 11(8), 1743–1751. https://doi.org/10.12973/ijese.2016.551a

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Thompson, G., Aizawa, I., Curle, S., & ... (2022). Exploring the role of self-efficacy beliefs and learner success in English medium instruction. International Journal of …. https://doi.org/10.1080/13670050.2019.1651819

Winarsih, I. S., Rizal, Y., & Rufaidah, E. (2019). … Tentang Metode Mengajar Guru, Disiplin Belajar, Motivasi Belajarterhadap Hasil Belajarpengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode …. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 01. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/19386

Yulyani, R. D. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 50–56.

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/667

Zhou, W., Zhao, L., & Kaabar, M. (2022). The Effect of Teachers’ Support on Learners’ Online Self-Regulated Learning: Mediating Analysis Based on Self-Efficacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(17), 207–217. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i17.34027

Published

31-12-2023

How to Cite

Rohmah, I. N., & Prakoso, A. F. (2023). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI. Journal of Education and Research, 2(2), 119–132. https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.165