PENGARUH EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Bima Harfan Pradana Universitas Negeri Surabaya
  • Albrian Fiky Prakoso

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.162

Keywords:

Efikasi diri berwirausaha, Pendidikan kewirausahaan, Intensi berwirausaha

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi di Indonesia membuat tidak dapat secepat mungkin untuk melakukan pemulihan setelah pandemi melanda, selain itu hal ini berdampak pada angka kemiskinan yang meningkat. Penelitian ini menganalisis pengaruh efikasi diri berwirausaha dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 108 mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Hasil analisis menunjukkan efikasi diri berwirausaha dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi wirausaha mahasiswa. Temuan ini mendukung pendapat bahwa peningkatan efikasi diri berwirausaha dan pendidikan kewirausahaan dapat mendorong intensi berwirausaha. Implikasinya adalah pentingnya meningkatkan efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan di lingkungan pendidikan tinggi guna mendorong intensi berwirausaha. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengatasi kesulitan mencari pekerjaan yang dihadapi lulusan dan meningkatkan potensi kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

References

Anwar, M., Raza, S., Yousaf, M., Hussain Nadeem, M., & Anjum, R. (2021). How affective commitment and entrepreneurial self-efficacy influenced entrepreneurial intention. Entrepreneurial Business and Economics Review, Vol. 9.

Apriyani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 51 No.

Ariandewi, A. (2016). Pengaruh Efikasi Diri Berwirausaha dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Yogyakarta. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Bukirom, Haryo Indradi, Andi Permana, dan M. (2014). Pengaruh Pendidikan Berwirausaha dan Motivasi Berwirausaha terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa. Media Ekonomi Dan Manajemen, Vol.11, 60–67.

Daniel, D., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 944. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13436

Destari Setyorini, d. (2018). Kemauan Berwirausaha Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Mahasiswa (studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung). JURNAL PSIKO-EDUKASI, Vol.16.

Dewi Karyaningsih, R. P., Purwana ES., D., & Wibowo, A. (2017). HUBUNGAN POLA ASUH, KURIKULUM KEWIRAUSAHAAN DAN INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 1–22.

Effendy, Marhaini, N., & Haris, A. (2021). The effect of entrepreneurship education and family environment on entrepreneurial intention through self-efficacy. Management Science Letters, Vol. 11.

Erwananda, N. H., Eryanto, H., Firdausi, R., & Wiranto, P. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Administrasi Perkantoran Dan Akuntansi, 2663, 1-.

Fahlia & Mulyani. E. (2018). Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 1 (2).

FEB, U. (2023). VISION AND MISSION. Unesa. https://feb.unesa.ac.id/page/visi-misi

Fitri, V. A., Amri, A., & Harahap, E. K. (2018). Pengaruh Kepribadian, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Vol. 5.

Hadiyati, E. (2019). Pentingnya Efikasi Diri dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8.

Hakim, L. (2021). Penguatan Efikasi Diri Pada Pribadi Introvert. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2, 203–216.

Hasanah, F. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Mediator. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 162–174. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3440

Hermawan, Y., Disman, D., Ahman, E., Suwatno, S., & Sundari, R. S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kemampuan Kewirausahaan terhadap Efikasi Diri dan Dampaknya terhadap Kesiapan Berwirausahan. AdBispreneur, 7(2), 153–167. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v7i2.39332

Jonnius, K. (2013). Studi tentang Efikasi Diri, Locus of Control, Sikap Instrumentalisme, dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 2.

Karabulut, A. T. (2016). Personality Traits on Entrepreneurial Intention. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol. 229.

Kasmir. (2014). Kewirausahaan. Rajawali Pers.

Komariah, E. (2022). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Sma Negeri Di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Ekonomi, Bisnis, & Entrepreneurship Journal, Vol. 14.

Lesmana, I., Suyatna, H., & Nurhayati, I. (2018). Analysis of Factors Affecting Entrepreneurship Interest Through Self Efficacy Empirical Study on Students of State Vocational School in Bandung. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol 5.

Lukmayanti, d. (2015). Perbedaan efikasi diri pada remaja broken home dan non broken home. Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 3.

Maheshwari, N., Negi, R., & Yadav, H. (2022). Impact of entrepreneurial education and entrepreneurial self-efficacy on entrepreneurial intention: the mediating role of attitude toward entrepreneurship. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies.

Nurhayati, S., Rosyid, H. F., & Fitroh, S. (2019). Efikasi Diri Sebagai Faktor Dari Perilaku Berwirausaha Mahasiswa Konsentrasi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNNES. Journal of Economics and Business Aseanomics, Vol. 4.

Papagiannis, G. D. (2018). Entrepreneurship education programs: The contribution of courses, seminars and competitions to entrepreneurial activity decision and to entrepreneurial spirit and mindset of young people in Greece. Journal of Entrepreneurship Education, Vol. 21.

Prihastomo1, G., Henry, Eryanto, D., & Osly Usman. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran & Akuntansi (JPEPA).

Ratten, V., & Usmanij, P. (2021). Entrepreneurship education: Time for a change in research direction. The International Journal of Management Education, Vol. 19.

Roebianto, d. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UHO. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8.

Saada, R. F. (2016). Manajemen Bisnis & Kewirausahaan. Graha Ilmu.

Satriyanto Wibowo, K. A. S. P. (2016). BERWIRAUSAHA YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BERWIRAUSAHA Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali Indonesia Kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah yang sering dijumpai di negara-negara berkembang , salah satunya Indonesia . Setiap pergantia. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 8167–8198.

Shinta Wahyu Hati. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Usaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Di Program Studi Akuntansi Politeknik Negeri Batam. Jurnal Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam.

Simatupang, C., Pandin, M. G. L., & Rudatin, C. L. (2019). The Influence of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention Mediated by Motivation and Attitude among Management Students, State University of Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, Vol. 2.

Sondari. (2014). Is entrepreneurship education really needed: Examining the antecedent of entrepreneurial career intention. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 115, 44–53.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryadi. (2019). Manajemen Kepemimpinan dan Sumberdaya Manusia. Aurora Publisher.

Wahyu, S., Hana, L., & Pradana, E. C. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Berwirausaha dan Faktor Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Jember. Jurnall Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 55–64.

Wardani, V. K., & Nugraha, J. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Attitude Towards Entrepreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Self Efficay. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 79–100. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p79-100

Widyawati, N. P. C., & Mujiati, N. W. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN DENGAN EFIKASI DIRI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. E-Jurnal Manajemen, 10(11).

Wijaya, d. (2015). Kajian model empiris perilaku berwirausaha. Ultima Management, Vol. 7.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774

Yuliati Lia, A. S. (2020). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Jurnal Pendidikan, Ekonomi Dan Bisnis, Vol 5, No.

Zhang, Y., Duysters, G., & Cloodt, M. (2014). The role of entrepreneurship education as a predictor of university students’ entrepreneurial intention. International Entrepreneurship and Management Journal, Vol. 10.

Zuhrinal, M. N., & Siagian, H. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomika: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 7.

Published

31-12-2023

How to Cite

Pradana, B. H., & Prakoso, A. F. (2023). PENGARUH EFIKASI DIRI BERWIRAUSAHA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Journal of Education and Research, 2(2), 75–92. https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.162