PENGARUH MINAT, MOTIVASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SOOKO

Authors

  • Lia Zahrotul Habibah
  • Heni Purwa Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Abdul Ghofur

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.159

Keywords:

Hasil belajar, Minat belajar, motivasi belajar, cara belajar siswa

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur bagi guru untuk mengetahui tingkat prestasi akademik siswa. Semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Ada beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya yaitu factor minat, motivasi, dan cara belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara minta, motivasi, dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 140 siswa IPS di SMAN 1 Sooko. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara simultan bahwa terdapat pengaruh antara minat, motivasi, dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar.

References

Cools, E., Vanderheyden, K., & Backhaus, K. (2014). The Impact of Student Style Differences and Motivation on Learning Outcomes in Management Education : An International Inquiry, 9(2), 85–100.

Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Deswita, A. P., & Dahen, L. D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X DI SMKN 1 Sawahlunto. Journal of Economic and Economic Education, 2(1).

Djaali. (2014). PSIKOLOGI PENDIDIKAN. (Tarmizi, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gintings, A. (2008). ESENSI PRAKTIS: Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Harun, N. F., Yusof, K. M., Jamaludin, M. Z., & Hassan, S. A. H. S. (2012). Motivation in Problem-based Learning Implementation, 56, 233–242. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.650

Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hayutika, T. L., & Subowo. (2016). Pengaruh Cara Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 679–692.

Jeffrey, I., & Zein, A. (2017). The Effects Of Achievement Motivation, Learning Discipline And Learning Facilities On Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research, 7(9), 15471–15478.

Jovanovica, D., & Matejevic, M. (2014). Relationship between Rewards and Intrinsic Motivation for Learning – Researches Review. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 149, 456–460. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.287

Meyanasari, S., & Widiyanto. (2017). Pengaruh Minat Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPSMAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 602–611.

MS, A. T. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 259–278.

Nursalim, M., Satiningsih, Hariastuti, R. T., Savira, S. I., & Budiani, M. S. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Nurtia, W., Ramayani, C., & Sumarni. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Fasilitas Belajar Di Sekolah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 4 Sutera. Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 209–216.

Nutrisiana, D. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar, Dan Kemampuan Sosial-Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MA Al-Asror Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2), 97–102.

Prakoso, A. F., Trisnawati, N., & Susatyo, Y. (2018). Pembuatan Kuisioner Online Dengan Google Form dan Uji Validitas, Reliabilitas, Transformasi Skor menjadi Skala Berbasis SRS dengan Softwere SolAnd. (A. Soejoto, Ed.). Surabaya: Pusat Studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNESA.

Rahmat, S., Eprillison, V., & Wati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran, Konsep Diri Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Adabiah 2 Padang. Journal of Economic and Economic Education, 5(2).

Rohmah, N. (2015). Psikologi Pendidikan. (Sutomo, Ed.). Yogyakarta: Kalimedia.

Sarwono, J. (2006). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. (D. Hardjono, Ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The Effect of Cooperative Learning , Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning & Development, 4(2), 58–64. https://doi.org/10.5296/ijld.v4i2.4908

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. (S. Suyantoro, Ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Widianti, Y., & Haryati, Y. T. (2017). Pengaruh Cara Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi XI IPS SMAN 1 Jepon. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 304–312.

Yusron, M. (2013). Pengaruh Cara Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Al- IRSyad Pekalongan Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2), 60–66.

Published

31-12-2023

How to Cite

Habibah, L. Z. ., Pamungkas, H. P., & Ghofur, M. A. . (2023). PENGARUH MINAT, MOTIVASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SOOKO. Journal of Education and Research, 2(2), 93–108. https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i2.159