PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI KETERAMPILAN TEKNIK MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI SEGODOBANCANG TARIK SIDOARJO

Authors

  • Deddy Setiawan IKIP Widya Darma
  • M. Riadhos Solichin IKIP Widya Darma Surabaya
  • Naning Eko Noviana IKIP Widya Darma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i1.147

Keywords:

kinerja guru, keterampilan, teknik manajerial

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja guru di SD Negeri Segodobancang Tarik Sidoarjo sebelum dan sesudah ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diambil pada tahun ajaran 2018/2019 atau sebelum masa pandemik. Dalam metode ini digunakan 8 guru sebagai informan. Analisis data dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan di semua indikator kinerja guru setelah diberikan tindakan pada Siklus I. Indikator-indikator yang belum baik, ditingkatkan melalui siklus II dan akhirnya menjadi kriteria baik sehingga Siklus bisa dihentikan. Sebelum dilakukan tindakan kinerja guru masih belum optimal. Setelah diadakan peningkatan kinerja guru melalui keterampilan teknik manajerial kepala sekolah, guru-guru memiliki keterampilan lebih baik dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga peningkatan kinerja guru melalui keterampilan teknik manajerial kepala sekolah merupakan tindakan yang tepat untuk dilakukan. Kepala sekolah mulai menjalankan seluruh kegiatan-kegiatan yang merupakan keterampilan teknik manajerial dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Dengan demikian, keterampilan keterampilan teknik manajerial kepala sekolah merupakan tindakan yang tepat dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Segodobancang Tarik Sidoarjo.

Published

30-06-2023

How to Cite

Setiawan, D., Solichin, M. R., & Noviana, N. E. (2023). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI KETERAMPILAN TEKNIK MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI SEGODOBANCANG TARIK SIDOARJO. Journal of Education and Research, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.56707/jedarr.v2i1.147

Issue

Section

Articles