PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Kristiya Giyanti IKIP Widya Darma
  • Ira Wulan Sari IKIP Widya Darma

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i2.115

Keywords:

Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa yang bertujuan (1) untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak kemampuan pemecahan masalah  matematis terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dan (3) untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak kemampuan pemecahan masalah  matematis dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel siswa kelas X SMK Widjaya Ngoro Jombang sebanyak 96 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan dokumentasi, sedangankan untuk teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisis regresi). Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 66,281% dan sisanya yaitu  33,719% dipengaruhi oleh faktor lain dari variabel yang tidak diteliti, (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 7,939% dan sisanya yaitu  92,061% dipengaruhi oleh faktor lain dari variabel yang tidak diteliti dan (3) terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis (X1) dan kemandirian belajar (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 74,200% dan sisanya yaitu  25,800% dipengaruhi oleh faktor lain dari variabel yang tidak diteliti.

Published

31-12-2022

How to Cite

Giyanti, K., & Sari, I. W. (2022). PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Education and Research, 1(2), 96–108. https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i2.115