HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM SURABAYA

Authors

  • Irma Yunita irma yunita
  • Fanny Adibah IKIP Widya Darma
  • Rudy Antonius IKIP Widya Darma

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i2.114

Abstract

Setiap individu memiliki kadar efikasi diri. Efikasi diri merupakan keyakinan atas diri sendiri. Dalam pembelajaran khususnya di sekolah, kadar efikasi diri siswa mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Keterkaitan efikasi diri dengan hasil belajar sangat besar, siswa dengan efikasi diri yang tinggi maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan begitu pula sebaliknya. Selain efikasi diri faktor lain yang mendorong siswa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan adalah kemampuan berpikir matematis. Tahapan berpikir matematis sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kapasitasnya sebagai pelajar. Berdasarkan uraian diatas maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (1)  mengetahui apakah terdapat hubungan antara efikasi diri dan hasil belajar siswa (2) mengetahui  apakah terdapat hubungan antara kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar siswa 3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara efikasi diri, kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Miftahul Ulum Surabaya. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Tekhnik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat  hubungan antara efikasi diri (X1) dengan hasil belajar (Y). (2) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir matematis (X2) dengan Hasil Belajar (Y). (3) terdapat hubungan antara efikasi diri (X1) dan kemampuan berpikir matematis (X2) dengan hasil belajar (Y).

Published

31-12-2022

How to Cite

Yunita, I., Adibah, F., & Antonius, R. (2022). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM SURABAYA. Journal of Education and Research, 1(2), 84–95. https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i2.114