HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Idham Kholid IKIP Widya Darma Surabaya
  • Sri Rejeki Puri Wahyu Pramesthi IKIP Widya Darma

DOI:

https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i2.113

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar

Abstract

Kecerdasan emosional dan lingkungan belajar seharusnya berhubungan dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar matematika siswa kelas X dan XI SMK Wonokromo Surabaya. (2) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X dan XI SMK Wonokromo Surabaya. (3) Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X dan XI SMK Wonokromo Surabaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar matematika. Nilai koefisien korelasi negatif sebesar -0,079. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,641 lebih besar dari nilai α (0,05). (2) Tidak terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika. Nilai koefisien korelasi negatif sebesar -0,061. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,720 lebih besar dari nilai α (0,05). (3) Tidak redapat hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan lingkungan belajar secara bersamaan dengan hasil belajar matematika siswa. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,085. Tetapi nilainya berada pada taraf  rendah dalam parameter korelasi. Sedangkan dari hasil penghitungan uji F didapatkan nilai Fhitung= 0,0036 lebih kecil dari nilai Ftabel yang sudah ditentukan (3,28).

Published

31-12-2022

How to Cite

Kholid, I., & Pramesthi, S. R. P. W. (2022). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Journal of Education and Research, 1(2), 66–83. https://doi.org/10.56707/jedarr.v1i2.113