PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KALIRAHAYU
Kata Kunci:
SQ3R, menulis ringkasan, bahasa indonesiaAbstrak
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa sekitar 80% siswa kelas IV masih mengalami kesulitan menulis ringkasan, baik dalam menentukan gagasan utama, penggunaan kata, struktur kalimat, ejaan, maupun penyusunan paragraf secara runtut. Sementara itu, hanya 20% siswa yang mampu menulis ringkasan dengan baik sesuai aspek-aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran menulis ringkasan, mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan menulis ringkasan, serta mengukur besar pengaruhnya pada siswa kelas IV SDN 1 Kalirahayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain quasi eksperimen model Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes pretest–posttest, kemudian dianalisis dengan uji Paired Samples Test, Independent Sample t-test, dan N-Gain. Hasil lembar observasi menunjukkan keterlaksanaan metode SQ3R di kelas eksperimen mencapai 88% (kategori sangat baik). Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar < 0,01 (0,01 < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi < 0,01, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6124 dan kontrol sebesar 0,4251 (kategori sedang). Oleh karena itu, metode SQ3R berpengaruh signifikan dan cukup efektif meningkatkan kemampuan menulis ringkasan siswa. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterampilan menulis di sekolah dasar.
Referensi
Afiifah, F.A.N., Sari, E.S. and Samson (2023) ‘Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Pada Siswa Kelas IV SD 2 Petir’, Educatif Journal of Education Research, 5(1), pp. 137–144. Available at: https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.157.
Agustin, W. and Pranoto, A. (2025) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model SQ3R yang Didukung oleh Mind Mapping pada Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 13 Surabaya.’, Journal of Education and Pedagogy Volume, 2(1), pp. 73–85.
Arifatin, W.F., Masruroh and Ma’asah, Z. (2025) ‘Penerapan metode sq3r untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa pada jenjang sekolah menengah pertama’, Jurnal Abdidas, 6(2), pp. 151–159.
Fadila, T.I. and Susetyo, B. (2023) ‘Pengaruh Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V’, ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), pp. 2827–9689. Available at: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8936.
Fauziah, N. (2022) ‘Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Basicedu, 6(2), pp. 1541–1550. Available at: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Febrinita, F. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika’, De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 1–9. Available at: http://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/269%0Ahttps://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/download/269/61.
Fitriyani, L.A., Tri, P.P.A. and Sujanti, S. (2024) ‘Penerapan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Teko (Tebak Toko) Untuk Meningkatkan Keterampilan Meringkas Siswa Kelas III Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), pp. 3455–3464.
Hajaroh, S. and Raehanah (2021) Statistik Pendidkan (Teori dan Praktik). Mataram: Sanabil.
Hariyani, N., Sesanti, N.R. and Mawadati, A. (2023) ‘Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan dengan Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar’, 3(7), pp. 597–604. Available at: https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p597-604.
Indrayatti, W. (2020) ‘Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Cerita Siswa Kelas VII Siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Tanjungpinang Tahun 2019’, Jurnal Kiprah, 8(1), pp. 56–65. Available at: https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2072.
Layyinah, Z. (2020) ‘Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Penjelasan melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik’, in Skripsi, pp. 1–21.
Mustakim, Y.Y. and Samsul, S.I. (2022) ‘Analisis Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA’, Laterne, 11(2), pp. 294–304.
Nastiti, D. and Damayanti, S.A.L. (2021) ‘Penggunaan Metode SQ3R sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Diskripsi Pada Peserta Didik Kelas IX di MTSN 1 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2020/2021’, JOEL : Journal of Educational and Language Research, 1(4), pp. 375–398.
Nuryani, G.D.T., Pangestu, W.T. and Wana, P.R. (2022) ‘Pengaruh Penggunaan Metode Sq3R (Survey, Question, Read, Recited, Review) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas 4 Sdn Tambakromo 1 Geneng’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), pp. 85–94. Available at: https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5383.
Putri, I.N.R., Yulianto, A. and Kusumaningrum, S. (2023) ‘Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), pp. 31–37. Available at: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3318.
Rahmani, A.P. (2024) ‘Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI Al-Mursyidiyyah Pamulang’, (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p79-87.
Ramadhan, E.H., Dwiyanto, R. and Mahmudah Fitriyah Z.A. (2024) ‘Analisis Efektivitas Metode SQ3R dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan’, JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), pp. 69–76. Available at: https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1230.
Rosalina, L., Oktarina, R. and Saputra, I. (2023) Buku Ajar Statistika. Padang: CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.
Salsabila, E.S., Rini, T.A. and Mahanani, P. (2022) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Menggunakan Model SQ3R Berbantuan Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN’, Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), pp. 790–812. Available at: https://doi.org/10.17977/um065v2i82022p790-812.
Sugiyono (2023) ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D’, in Alfabeta Bandung.
Wahyuni liska (2023) ‘Penggunaan Metode Sq3r Berbasis Cerita Rakyat pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 1 Tebaban’, pp. 53–54.
Wahyuni, S., Tarman and Syakur, A. (2024) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Ekstensif Melalui Metode SQ3R Siswa Kelas IV SD Negeri Jonjo 1 Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa’, J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(2), pp. 571–582. Available at: https://doi.org/10.56799/jceki.v3i2.3012.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nailatul Mashokhah, Dewi Kusuma, Rokhmatun Nabillah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.