PENERAPAN LITERASI MEMBACA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Penulis

  • Hasan Hasan STKIP Yapis Dompu
  • Eka Yulianti STKIP Yapis Dompu
  • Leni Marlina STKIP Yapis Dompu
  • Kasman Kasman Universita Mbojo Bima
  • Arif Bulan STKIP Yapis Dompu
  • M. Rizqi STKIP Yapis Dompu

Kata Kunci:

literasi Peningkatan Membaca Pemahaman

Abstrak

Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatakan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Woja. Setelah dilakukan penelitian dengan melalui tahap-tahap atau yang disebut siklus I dan II dapat diketahui hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan kegiatan literasi membaca kelas III SD Woja mengalami peningkatan secara bertahap sesuai dengan siklus yang telah dilakukan pada penelitian di atas. Hal ini, dapat dibuktikan dari meningkatnya hasil belajar siswa yang  dilakukannya Siklus I hingga Siklus II. Yang mana, diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa secara keseluruhan termasuk kategori baik sekali sebesar (84%). Hal ini diperkuat dengan hasil observasi sebelum melakukan tindakan yaitu dari 33 siswa hanya 24 siswa lah yang mendapat nilai lebih dari 65 dengan presentase 72% dan masuk dalam kategori tuntas, dan sebanyak 9 siswa yang mendapat nilai kurang dari 65 dengan presentase 28% dan masuk dalam kategori belum tuntas. Sedangkan setelah menerapkan literasi membaca pada materi perkembangan teknologi pangan nilai pada siklus I terdapat 25 siswa yang mendapat nilai lebih dari 65 dengan persentase sebesar 76%, dan 8 siswa yang mendapat nilai kurang dari 65 dengan persentase sebesar 24%. Sedangkan nilai pada siklus II, terdapat 28 siswa yang mendapat nilai lebih dari 65 dengan persentase sebesar 84% dan hanya 6 siswa yang mendapat nilai kurang dari 65 dengan persentase 16%.

Referensi

Ramdhayani E. Pentingnya Literasi Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Di Era Digital. J Kependidikan. 2023;7(2):67–73.

Gomes AN, Istiningsih S. Literasi Membaca Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. J Educ. 2024;10(2):497–502.

Rohman A, Islam U, Sunan N. Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. J Pendidik Bhs Indones. 2022;2(1):40–7.

Maria Eni Wahyuni1), Gregorius Ari Nugrahanta2) AEPP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti RENDAH. 2024;11:333–43.

Munahefi DN, Lestari FD, Kharisudin I. Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. 2023;6:663–9.

Milda S, Jannah R, Dasar PD. Upaya Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Tahap Pembiasaan. 2023;109–15.

Karimah A, Alfatikarahma N, Fauziah A. Studi literatur : peran penting literasi membaca dalam upaya meningkatkan karakter positif siswa sekolah dasar pengetahuan yang dimiliki . Meskipun akses terhadap referensi semakin mudah, banyak siswa oleh peserta didik untuk menghadapi konsekuensi perkembangan teknologi informasi yang. 2024;5(1):623–34.

Mulyaningsih T, Mariana N, Metalin A, Puspita I. Menggali Potensi Pengembangan Literasi Membaca di Sekolah Indonesia Bangkok ( SIB ). 2024;06(02):11051–60.

Sabri M, Azmi M, Jayadi I, Rozana D. Penguatan Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Siswa Kelas Rendah Sdn 02 AnggarakSA. 2024;5(1):206–17.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30

Cara Mengutip

Hasan, H., Yulianti, E. ., Marlina, L. ., Kasman, K., Bulan, A., & Rizqi, M. . (2025). PENERAPAN LITERASI MEMBACA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA . Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(02). Diambil dari https://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jurnalmetalanguage/article/view/298