Analisis penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar pada iklan produk lokal minuman le mineral
Kata Kunci:
Bahasa Indonesia, periklanan, Le MineraleAbstrak
: Penelitian ini membahas terkait penggunaan bahasa Indonesia pada iklan produk lokal Le Minerale dengan menekankan aspek kebahasaan yang baik dan benar. Sebagai bahasa resmi dan bahasa nasional, Penggunaan bahasa yang tepat memiliki peran penting dalam menjaga identitas serta efektivitas komunikasi publik, termasuk dalam ranah periklanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi, dimana data diambil dari iklan digital Le Minerale yang bersumber dari platform resmi perusahaan dan media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan Le Minerale banyak menggunakan bahasa nonbaku, kosakata gaul, serta sisipan bahasa asing seperti “banget”, “nggak”, “kayak”, dan “smooth”. Strategi tersebut dinilai efektif untuk menciptakan kesan persuasif, emosional, dan akrab bagi target pasar, khususnya kalangan muda. Namun, dari sisi kebahasaan terdapat ketidaksesuaian kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang seharusnya dipatuhi dalam komunikasi publik. Penelitian ini menegaskan perlunya keseimbangan antara kreativitas bahasa iklan dengan tanggung jawab menjaga mutu dan martabat bahasa Indonesia di ruang publik.
Referensi
Adha, A. D., Khairi, A., & Sharma, J. N. (2022). Efektivitas Pemakaian Bahasa Iklan pada Media Sosial Instagram dalam Pemasaran UMKM Kuliner Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16001-16007.
Alamsyah, F., Panggabean, R., Zega, P. A. N., Sihotang, R. U. B., Dewi, S., & Prasasti, T. I. (2025). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Penulisan Poster Unsur Geografi. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 70-77.
Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.
Andriyani, A. D., Sari, D. T., Sholihatin, E., Haryadhi, P. T., Sari, W. A., & Novanto, H. E. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar dalam Pemasaran Jasa PT Go-Jek Indonesia. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 8(2), 356-367.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek RI. (2021). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbudristek
Chaer, A. (2015). Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
Delima, D., Sagala, A., Panjaitan, L. M. B., Sarah, S., Arfiena, N., & Prasasti, T. I.(2024). Analisis Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia pada Pelaksanaan Konseling Kelompok Multibudaya. Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1215-1219.
Hasan, I. (2018). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Panduan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Le Minerale. (2021, Februari 17). Apa kata mereka tentang Le Minerale [Video]. YouTube. https://youtu.be/xvifW8n9glg
Nafisa, S. A., Herdiyanti, A. P., Anggraeni, K. D., Salsabila, A. S., Shinobing, S. T. P. F., & Arum, D. P. (2024). Ketidaksesuaian Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Kaidah Baku dalam Iklan Le Mineral. Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(2), 21-31.
Nafisa, S.A. (2024). Ketidaksesuaian Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Kaidah Baku pada Iklan Le Minerale. Jurnal Ilmiah Multidisipliner
Nugraha, A. (2019). Bahasa Iklan dalam Media Massa: Analisis Linguistik. Bandung: Alfabeta.
Prasasti, T. I. (2020). Penggunaan Bahasa Baku dan Nonbaku dalam Media Periklanan di Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 112–120.
Prasasti, T. I. (2021). Strategi Kebahasaan dalam Iklan Televisi: Analisis Ragam Bahasa dan Efektivitas Pesan. Jurnal Linguistik dan Komunikasi, 9(1), 45–57.
Prasasti, T. I. (2023). Bahasa Iklan dan Pembentukan Citra Produk di Era Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bahasa, 11(3), 210–225.
Putri, M. A. (2022). Kualitas bahasa dalam iklan televisi produk lokal di Indonesia. Jurnal Bahasa dan Media, 14(1), 45–56.
Putri, R. A., & Rahmawati, D. (2021). Analisis Penggunaan Bahasa Iklan Produk Minuman dalam Media Elektronik. Jurnal Kajian Bahasa dan Media, 7(2), 134–142.
Rahayu, D.A. (2025). Bahasa Gaul dan Penyimpangan Kebahasaan dalam Iklan: Studi Kasus Iklan Minuman. Jurnal Kajian Bahasa dan Media
Sari, R., & Utami, D. (2020). Analisis penggunaan bahasa iklan minuman lokal dalam perspektif kebahasaan. Jurnal Linguistik Indonesia, 38(2), 201–214.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surbakti, N. B., Arahman, A., Fazira, E. M. T., & Nabila, F. (2025). Bahasa Iklan dan Gaya Komunikasi Konsumen Muda: Studi Kasus Iklan Le Minerale di YouTube. Jurnal Komunikasi Kontemporer, 5(1), 55–66.
Surbakti, N.B., Arahman, A., Fazira, E.M.T., & Nabila, F. (2025). Analisis Wacana Iklan Le Minerale pada Media Internet. Jejak Digital, 1(4), 683-690.
Wibowo, S. (2024). "Dilema Penggunaan Bahasa Populer dan Baku dalam Iklan Komersial di Indonesia."
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Erwin Nardo, Putri Anita Lumbantoruan, Grace Marsouli Malau, Kristiani Pakpahan, Dea Divella Br Tarigan, Tri Indah Prasasti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.