A VARIASI BAHASA DALAM IKLAN BIG SALE RAMADHAN SEBAGAI STRATEGI MARKETING
Kata Kunci:
variasi bahasa, Shopee, strategi pemasaranAbstrak
ABSTRAK: Shopee adalah salah satu platform e-commerce paling populer di Indonesia. Daya tarik iklan e-commerce Shopee berasal dari bahasa yang digunakan. Shopee secara konsisten membuat iklan dengan variasi bahasa yang unik, khas, dan belum pernah terdengar, menciptakan kesan bahwa variasi bahasa ini unik bagi Shopee. Ini adalah salah satu strategi pemasaran Shopee untuk mempromosikan layanan dan fitur yang tersedia dalam aplikasi belanja online-nya. Studi ini meneliti variasi bahasa dalam iklan aplikasi belanja online Shopee sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan layanan dan produk yang dipasarkan dalam aplikasi. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi variasi bahasa yang ditemukan dalam iklan Ramadan Big Sale Shopee dan untuk menggambarkan penerapan variasi bahasa ini sebagai strategi pemasaran dalam aplikasi. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan menggunakan netnografi, sebuah studi yang berfokus pada pemahaman dunia maya, tempat orang berinteraksi satu sama lain dan membentuk budaya dan sistem sosial mereka sendiri. Dengan demikian, metode penelitian ini didasarkan pada penelitian observasional, di mana peneliti tidak hanya bergabung dengan komunitas virtual tetapi juga berpartisipasi aktif. Metode ini memanfaatkan teknik analisis AMS (Analisis Media Siber), yang mengkaji empat level: ruang media, dokumen media, objek media, dan pengalaman.
Kata kunci: variasi bahasa, Shopee, strategi pemasaran
Referensi
Buku
Chaer, Abdul. (2007). Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, dkk. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal.Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, Budiman. (2007). Ngobrolin Iklan, Yuk!. Yogyakarta: Galang Press.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kozinets, Robert V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. London: SAGE Publications.
Kridalaksana, Harimurti. (2010). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. 6 ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualntitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukini. (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP kelas XIII. Jakarta: Widya Duta Grafika.
Sumarlam. (2003). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
Sumarsono. (2017). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Atmawati, D. (2016). Penggunaan Bahasa pada Media Sosial (The Use of Language in Social Media). International Seminar Prasasti III: Current Reseach in Linguistic.
Az-Zahra, P. J., Susanti, H., Az-Zuhra, A. M., Samudra, Y. F., Utomo, S. S., & Sholihatin, E. 2023. “Pengaruh Penggunaan Ragam Bahasa Iklan Shopee terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 604–617. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4528.
Lukitaningsih, A. (2013). "Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran". Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 2.
Maemunah, E. (2016). "Penggunaan Bahasa Mahasiswa Multietnik dalam Sosial Media". Jalabahasa, 12(1), 47–57.
Nur, Dicky Andhika. (2017). Korelasi antara Motif dan Kepuasan Khalayak dalam Menonton Program Sinetron Anak Jalanan. Skripsi. Surakarta: Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Riyadi, dkk. (2015). “Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 2.
Safitri, Novie. (2021). “Variasi Bahasa dalam Iklan Provider By.U”. Jurnal Bapala. Vol. 8, No. 04, Tahun 2021. Surabaya: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.
Sarah, Siti M. (2018). "Karakteristik Ragam Bahasa Hukum Dalam Teks Qanun Aceh". Master Bahasa, 6(2), 3–4.
Saribu, H. D., & Maranatha, E. G. (2020). “Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan pada PT. Astragraphia Medan”. Jurnal Manajemen Volume 6 Nomor
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Enggar Pratamanti, Rini Indah Sulistyowati, Ganda Januarta, Martinus Aditya Pardiyanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.