KONTEKSTUALISASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA DALAM PRAKTIK BAIK GURU BAHASA INDONESIA DI MALAYSIA
Kata Kunci:
Narrative Inquiry, Sekolah Indonesia MalaysiaAbstrak
Pengalaman belajar merupakan luaran yang diperoleh selama pembelajaran. Terlebih, pengalaman menjadi aspek yang dapat pendidik diandalkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya. Penelitian ini mengkaji tenntang strategi guru bahasa Indonesia dalam mengenalkan budaya kepada peserta didik di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. Penelitian ini menggunakan pendekatan narrative inquiry untuk mendeskripsikan pengalaman pendidik bahasa Indonesia untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada guru bahasa Indonesia.
Secara spesifik penelitian ini menemukan: pengalaman belajar pendidik mampu menjadi strategi untuk mengenalkan budaya Indonesia melalui pemilihan dan penggunaan bahan ajar, media, dan bodel pembelajaran yang disesuaikan dengan kultur peserta didik. Berkaitan dengan strategi atau skema yang digunakan pendidik dalam upaya mengenalkan budaya Indonesia, pendidik berkolaborasi dengan pendidik lainnya untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada peserta didik yang multicultural. Lebih lanjut, ditemukan fakta bahwa hambatan perbedaan budaya dan kehidupan sosial yang tersaji pada materi ajar dipandang menjadi tantangan untuk mengajarkan bahasa Indonesia sekaligus budaya Indonesia. Temuan tersebut diasumsikan mampu menjembatani penelitaian lanjutan tentang pengembangan bahan ajar.
Referensi
Ahsani, E. L. F., Ni’mah, N., Rifqiyani, L., Rahmawati, P., & Auliya, R. (2021). "Peran Guru dalam Mempertahankan Budaya Indonesia untuk Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)". Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (2), 71-77. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article /view/4138/3020
Aldosari, H. S. (2019.). "An Interacultural Perspective on Teaching and Learning EFL at the University Level". Icollit, 2, 1-14.
https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/11132/1.%20AN%20INTE
RACULTURAL%20PERSPECTIVE%20ON%20TEACHING%20AND%20LEARN ING%20EFL%20AT%20THE%20UNIVERSITY%20LEVEL.pdf?sequence=1&isAllowed y
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Perguruan Tinggi.
Barkhuizen, G., Benson, P., & Chick, A. (2014). Narrative Inquiry in Language Teaching and Learning Research. New York: Routledge.
Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Collins, James T. 2005. Bahasa Melayu Bahasa Dunia: Sejarah Singkat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Connelly, F.M. and Clandinin, D.J. (2006) Narrative Inquiry: A Methodology for Studying Lived Experience. Research Studies in Music Education, 27, 44-54.
Creswell, John W. 2008. Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. London: Sage Publictions
Fauzan, F., Albantani, A. M., Arifin, F., & Umbar, K. (2023). "Analisis Konten Budaya dalam Buku Ajar BIPA 'Ramah Berbahasa Jilid I' bagi Penutur Arab". Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 67–79. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.536
Garton, S., & Graves, K. 2014. "Identifying a research agenda for language teaching materials", The Modern Language Journal, Vol. 98, No. 2.
Huang, L., & Xu, R. (2011). "A Study of Culture Teaching in College English Teaching". Theory and Practice in Language Studies, 1(6), 681–687. https://doi.org/10.4304/tpls.1.6.681 -687
Koentjoroningrat. 1985. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.
Mulyati, S., & Sulistianingsih, E. 2019. "Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Module Development Based Local Culture for Beginner", KEBIPAAN 2019: Proceedings of the 2nd Konferensi BIPA Tahunan.
Nurhadi, O. (2006). "Peran Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing". Seminar Internasional PIBSI XXVIIIIKIP PGRI Semarang. XXVIII, 1-6.
https://staffnew.uny.ac.id/upload/132236129/penelitian/PERAN+BAHASA+INDONESI +UNTUK+ORANG+ASING.pdf
Nuruddin, N., Budiaman, B., Ilham, A., & Arifin, A. (2022). "Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan Model Materi Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Multikultural". An Nabighoh, 24(2), 171. nabighoh.v24i2.5790
Şahan, Ö., & Sahan, K. (2023). "A Narrative Inquiry Into the Emotional Effects of English Medium Instruction, Language Learning, and Career Opportunities". Linguistics and Education, 75, 101149. https://doi.org/10.1016/j.linged.2023.101149
Salamah, S., Fathonah, E. N., Nova, D., & Rosalia, S. (2018). "Pengembangan Bahasa Indonesia melalui Diplomasi Kebahasaan di Luar Negeri: Sebuah Pengamatan Awal". Jurnal Diglosia, 2(2), 85-92. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/ 1543
Scheu, D. (1996). "Integrating Cultural Activities in the Foreign language Classroom". Cuardinos de Filologia Inglesa, 5(1), 35-50. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=1325553
Sholihah, M., Saddhono, K., & Anindyarini, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Dalam dan Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi di SMA Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Indonesia Singapura). Jurnal Basastra, 6(1), 184-199. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/37713
Suherman, I., Fauziah, S. P., Roestamy, M., Bilad, M. R., Abduh, A., & Nandiyanto, A. B. D. (2023). "How to Improve Student Understanding in Learning Science by Regulating Strategy in Language Education? Definition, Factors for Enhancing Students Comprehension, and Computational Bibliometric Review Analysis". Internasional Journal of Language Education, 7(3). https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.56014
Tseng, S.-F. (2019). "The Importance of Culture in Language Learning". International Journal of Liberal Arts and Social Science, 7(1), 30-54. https://ijlass.org/data/frontImages/articles/Vol.7No.1/3.30-54.pdf
Tsui, A. B. M. (2007). "Complexities of identity formation: A narrative inquiry of an EFL teacher". TESOL Quarterly, 41(4), 657–680. https://doi.org/10.1002/j.1545 7249.2007.tb00098.x
Wati, N. S., & Madkur, A. (2021). "A Narrative Inquiry into Indonesian Elementary Students’ Experiences in English Online Learning during Covid-19". Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 127. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3718
Wero, L. (2021). "Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar". Mimbar PGSD
Undiksha, 9(3), 515-522. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/40867
Widianto, E & Ida Zulaeha. (2016). "Pilihan Bahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing". Jurnal Seloka, 5(2), 124-135.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Satria Nugraha Adiwijaya, Ariq Cindra Kurniawan, Aulia Nabila

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.