KONTEKSTUALISASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA DALAM PRAKTIK BAIK GURU BAHASA INDONESIA DI MALAYSIA

Penulis

  • Satria Nugraha Adiwijaya Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ariq Cindra Kurniawan
  • Aulia Nabila Universitas Jurai Siwo Lampung

Kata Kunci:

Narrative Inquiry, Sekolah Indonesia Malaysia

Abstrak

Pengalaman belajar merupakan luaran yang diperoleh selama pembelajaran. Terlebih, pengalaman menjadi aspek yang dapat pendidik diandalkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya. Penelitian ini mengkaji tenntang strategi guru bahasa Indonesia dalam mengenalkan budaya kepada peserta didik di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. Penelitian ini menggunakan pendekatan narrative inquiry untuk mendeskripsikan pengalaman pendidik bahasa Indonesia untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada guru bahasa Indonesia.

Secara spesifik penelitian ini menemukan: pengalaman belajar pendidik mampu menjadi strategi untuk mengenalkan budaya Indonesia melalui pemilihan dan penggunaan bahan ajar, media, dan bodel pembelajaran yang disesuaikan dengan kultur peserta didik. Berkaitan dengan strategi atau skema yang digunakan pendidik dalam upaya mengenalkan budaya Indonesia, pendidik berkolaborasi dengan pendidik lainnya untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada peserta didik yang multicultural. Lebih lanjut, ditemukan fakta bahwa hambatan perbedaan budaya dan kehidupan sosial yang tersaji pada materi ajar dipandang menjadi tantangan untuk mengajarkan bahasa Indonesia sekaligus budaya Indonesia. Temuan tersebut diasumsikan mampu menjembatani penelitaian lanjutan tentang pengembangan bahan ajar.

Referensi

Ahsani, E. L. F., Ni’mah, N., Rifqiyani, L., Rahmawati, P., & Auliya, R. (2021). "Peran Guru dalam Mempertahankan Budaya Indonesia untuk Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)". Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (2), 71-77. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article /view/4138/3020

Aldosari, H. S. (2019.). "An Interacultural Perspective on Teaching and Learning EFL at the University Level". Icollit, 2, 1-14.

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/11132/1.%20AN%20INTE

RACULTURAL%20PERSPECTIVE%20ON%20TEACHING%20AND%20LEARN ING%20EFL%20AT%20THE%20UNIVERSITY%20LEVEL.pdf?sequence=1&isAllowed y

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Perguruan Tinggi.

Barkhuizen, G., Benson, P., & Chick, A. (2014). Narrative Inquiry in Language Teaching and Learning Research. New York: Routledge.

Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Collins, James T. 2005. Bahasa Melayu Bahasa Dunia: Sejarah Singkat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Connelly, F.M. and Clandinin, D.J. (2006) Narrative Inquiry: A Methodology for Studying Lived Experience. Research Studies in Music Education, 27, 44-54.

Creswell, John W. 2008. Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. London: Sage Publictions

Fauzan, F., Albantani, A. M., Arifin, F., & Umbar, K. (2023). "Analisis Konten Budaya dalam Buku Ajar BIPA 'Ramah Berbahasa Jilid I' bagi Penutur Arab". Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 67–79. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.536

Garton, S., & Graves, K. 2014. "Identifying a research agenda for language teaching materials", The Modern Language Journal, Vol. 98, No. 2.

Huang, L., & Xu, R. (2011). "A Study of Culture Teaching in College English Teaching". Theory and Practice in Language Studies, 1(6), 681–687. https://doi.org/10.4304/tpls.1.6.681 -687

Koentjoroningrat. 1985. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Mulyati, S., & Sulistianingsih, E. 2019. "Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Module Development Based Local Culture for Beginner", KEBIPAAN 2019: Proceedings of the 2nd Konferensi BIPA Tahunan.

Nurhadi, O. (2006). "Peran Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing". Seminar Internasional PIBSI XXVIIIIKIP PGRI Semarang. XXVIII, 1-6.

https://staffnew.uny.ac.id/upload/132236129/penelitian/PERAN+BAHASA+INDONESI +UNTUK+ORANG+ASING.pdf

Nuruddin, N., Budiaman, B., Ilham, A., & Arifin, A. (2022). "Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan Model Materi Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Multikultural". An Nabighoh, 24(2), 171. nabighoh.v24i2.5790

Şahan, Ö., & Sahan, K. (2023). "A Narrative Inquiry Into the Emotional Effects of English Medium Instruction, Language Learning, and Career Opportunities". Linguistics and Education, 75, 101149. https://doi.org/10.1016/j.linged.2023.101149

Salamah, S., Fathonah, E. N., Nova, D., & Rosalia, S. (2018). "Pengembangan Bahasa Indonesia melalui Diplomasi Kebahasaan di Luar Negeri: Sebuah Pengamatan Awal". Jurnal Diglosia, 2(2), 85-92. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/ 1543

Scheu, D. (1996). "Integrating Cultural Activities in the Foreign language Classroom". Cuardinos de Filologia Inglesa, 5(1), 35-50. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=1325553

Sholihah, M., Saddhono, K., & Anindyarini, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Dalam dan Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi di SMA Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Indonesia Singapura). Jurnal Basastra, 6(1), 184-199. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/37713

Suherman, I., Fauziah, S. P., Roestamy, M., Bilad, M. R., Abduh, A., & Nandiyanto, A. B. D. (2023). "How to Improve Student Understanding in Learning Science by Regulating Strategy in Language Education? Definition, Factors for Enhancing Students Comprehension, and Computational Bibliometric Review Analysis". Internasional Journal of Language Education, 7(3). https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.56014

Tseng, S.-F. (2019). "The Importance of Culture in Language Learning". International Journal of Liberal Arts and Social Science, 7(1), 30-54. https://ijlass.org/data/frontImages/articles/Vol.7No.1/3.30-54.pdf

Tsui, A. B. M. (2007). "Complexities of identity formation: A narrative inquiry of an EFL teacher". TESOL Quarterly, 41(4), 657–680. https://doi.org/10.1002/j.1545 7249.2007.tb00098.x

Wati, N. S., & Madkur, A. (2021). "A Narrative Inquiry into Indonesian Elementary Students’ Experiences in English Online Learning during Covid-19". Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 127. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3718

Wero, L. (2021). "Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar". Mimbar PGSD

Undiksha, 9(3), 515-522. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/40867

Widianto, E & Ida Zulaeha. (2016). "Pilihan Bahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing". Jurnal Seloka, 5(2), 124-135.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/05/layanan-pendidikan-indonesia-berlomba-mengejar-cita-raih-masa-depan-gemilang

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/51853/2/20.%20Haki%20Strategi%20Pertahanan%20....pdf

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30

Cara Mengutip

Nugraha Adiwijaya, S., Cindra Kurniawan, A. ., & Nabila, A. (2025). KONTEKSTUALISASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA DALAM PRAKTIK BAIK GURU BAHASA INDONESIA DI MALAYSIA. Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(02). Diambil dari https://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jurnalmetalanguage/article/view/283