PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS STRAIGHT NEWS DENGAN MEDIA VIDEO PADA MAHASISWA
Kata Kunci:
Straight News; Video; MahasiswaAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis straight news mahasiswa S-1 PBSI STKIP Bina Insan Mandiri semester VII serta mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan menulis straight news mahasiswa S-1 PBSI STKIP Bina Insan Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode kualitatif deskriptif. Implementasi dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melakukan observasi terhadap pembelajaran menulis straight news dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat. Instrumen penelitian dan alat pengambilan data dalam penelitian ini yaitu RPP, Lembar Pengamatan aktivitas mahasiswa, Lembar Angket Respon mahasiswa, Lembar Penilaian Hasil Tes Menulis Straight News, Teknik Pengumpulan Data melalui teknik observasi, tes, dan angket. Teknik Analisis Data melalui analisis data lembar keterlaksanaan RPP dan analisis lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis straight news dengan media video meningkat. Nilai rata-rata mahasiswa telah meningkat dari 63,30 menjadi 72 dan telah memenuhi target standar kelulusan. Dengan media video antusiasme mahasiswa meningkat saat pembelajaran berlangsung, mahasiswa dapat menyerap Pelajaran, dan menghasilkan straight news yang baik.
Referensi
Akhaidah, Sabarti. 1996. Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Akhdiah, Sabarti. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Arikunto Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Assegaff,1982, Jurnalistik Masa Kini: Pengantar Ke Praktek Kewartawanan, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Aqib, Zainal.2006. Penelitian Tidakan Kelas. Untuk Guru. Bandung: Irama Widya.
Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Keraf, Gorys. 1986. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.
Muis, A. 1999, Jurnalistik Hukum Komunikasi Massa, Jakarta: PT. Dharu Annutama.
Nababan, Sri Utari Subyakto. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nurudin. 2007. Dasar- Dasar Penulisan. Malang: UPT. Penerbitan UMM.
Poespoprodjo. 1999. Logika Ilmu Menalar. Bandung: Pustyaka Grafika.
Poerwadarminta. 1984. ABC Karang- Mengarang. Yogyakarta: UP. Indonesia.
Sadiman, Arief. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjiono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.
Sudiati, Vero Widyamartaya. 2005. Terampil Meringkas. Yogyakarta: Kanisius.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dian Purnama Sari, Fransisca R Sunarmi, Gaby Rostanawa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.