PERAN TELEVISI PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SELAMA PANDEMI COVID-19
Keywords:
peran media televisi, daring, pandemiAbstract
Pandemi Covid-19 membuat guru harus mengubah metode pembelajarannya dengan metode dalam jaringan (daring) yang harus menggunakan kuota untuk pengoperasiannya. Sayangnya, tidak semua peserta didik berasal dari kalangan keluarga yang mampu yang dapat memenuhi kuota untuk pembelajaran. Untuk itulah Dinas Pendidikan Kota Surabaya bekerja sama dengan TV 9 Nusantara dalam program Rumah Ilmu. Program ini bertujuan mendukung para siswa SMP belajar di rumah, selama pandemi Virus Corona atau Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dan pemanfaatan program siaran televisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran selama pandemi Covid-19. Hasil analis data seluruh (100%) siswa mempunyai jadwal dan melihat tayangan, 75% siswa fokus, 78.13% tidak pernah memindah chanel, 93.75% melihat tayangan tanpa/tidak pernah melakukan pekerjaan lain, Sebanyak 90.63% siswa menyukai/senang terhadap pembelajaran dan materi, 87.5% menyatakan pembelajaran menarik, dan 21.88% menyatakan menarik karena tidak memerlukan kuota.
References
Andriani, W. (2021). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Paper presented at the Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Paper presented at the DPNPM, Universitas Indraprasta
Halodoc. (2020). Rentang kemampuan konsentrasi anak sesuai usianya Retrieved 11 November, 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/rentang-kemampuan-konsentrasi-anak-sesuai-usianya
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian pendidikan kualitatif dan kuantitatif: Surabaya: Unesa university press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Warsita, B. (2013). Pemanfaatan Program Siaran Televisi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran the Utilization of Education Television Program for Improving the Quality of Learning. Jurnal Teknodik, 126-137.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ANIK WISMIARTI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
