PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Keywords:
prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STADAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SDN Sogo 02 Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan kuisioner. Hasilnya, dari penghitungan nilai rata rata tes siswa pada prasiklus = 59,00; rata rata siklus 1= 67,41; rata rata siklus 2= 82,97. Setelah siklus 2, penelitian dihentikan karena nilai tersebut telah melampaui KKM yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD telah berhasil meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.
References
Degeng, I Wayan. 2000. Transformasi Strategi Belajar. Universitas Negeri Malang: University Press.
Haidjachman dan Suad Hasan. 2013. Manajemen Porsonalia. Yogyakarta: BPFE Offset.
Hamalik, Oemar. 2005. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hasibuan, 2009. Organisasi dan Motivasi (Dasar Peningkatan Produktivitas). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Purwanto, Ngalim, 2009, Menjadi Guru Profisional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sadirman, AM, 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Walgito, Bimo. 2012. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 SITI PURWATI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
