PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • ALWAN SMP Negeri 1 Manyar Gresik

Keywords:

teks label, model project based learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks label disertai dengan perubahan sikap dan perilaku  siswa  selama  pembelajaran  mencakup  sikap   dan  suasana kelas selama pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Manyar. Sumber data diperoleh dari teknik tes berupa tes keterampilan menyusun teks label produk obat, makanan dan minuman dan teknik nontes yaitu observasi, wawancara, serta jurnal siswa dan guru. Hasil observasi pada siklus I dan siklus II menunjukkan perubahan yang sangat signifikan pada aktifitas siswa yaitu meningkat menjadi baik (77,33%) pada siklus I dan (82,67%) pada siklus II menjadi sangat baik. Peningkatan keaktifan siswa disertai pula dengan peningkatan rata-rata hasil belajar yang melonjak dari kategori cukup ke kategori tinggi yaitu pada siklus I meningkat dari (71,91%) menjadi (73,19%) dan pada siklus II naik lagi menjadi (93,69%). Yang lebih menggembirakan lagi nilai rata-rata hasil belajar tersebut disertai pula dengan adanya peningkatan yang sangat tajam pada prosentase tingkat ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai 8,0, yaitu dari (46,67%) siswa yang telah tuntas sebelum PTK menjadi (48,87%) siswa telah mencapai ketuntasan belajarnya pada siklus I dan meningkat lagi menjadi (100%) pada siklus II. Peningkatan keaktifan siswa dan rata-rata hasil belajar siswa tidak terlepas dari upaya guru untuk meningkatkan keaktifan dalam menjalankan tahapan-tahapan menggunakan model Project Based Learning  (siklus I) dan (siklus II). Pada siklus I keaktifan guru mencapai (73,33%) dan pada siklus II naik menjadi (75%). Hal itu mengakibatkan suasana pembelajaran yang tercipta pun menjadi kondusif karena interaksi dan komunikasi antara siswa dengan siswa maupun dengan guru berjalan dengan lancar. Dengan suasana pembelajaran berada dalam kategori sangat baik yaitu (83,0%) pada siklus I dan (93,0%) pada siklus II maka siswa dapat belajar dalam suasana yang nyaman, alamiah dan menyenangkan. 

References

Amran, Dahlan. 2014. Konsep, Landasan, dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Kurikulum Saintifik 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hermawan, Suyanto, Hizkia K. E. 2014. Pembelajaran Bahasa di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulana, Dani. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Lampung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung.

Nurgiyantoro. 2011. Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Publishing.

Priatna, Komang, dkk. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual Di SMA Negeri 1 Sukasada, Jurnal Nasional Teknik Informatika (JANAPATI) volume 6 Nomor 1, p-ISSN: 2089-8673 e-ISSN: 2548-4265, h. 72.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ridwan, Saadah. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustakatama.

Tarigan, H. G. 2014. Menulis: Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Yunus, M, dkk. 2009. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zainal Aqib. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Zainuddin, Muhammad. 2018. Reformasi Pendidikan (Kritikan Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

31.07.2020

How to Cite

ALWAN. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS LABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. WIDYALOKA, 7(2), 170–183. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/49

Issue

Section

Articles