PENERAPAN HASIL PELATIHAN E-LEARNING GURU EKONOMI MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA KOMPETENSI
Keywords:
E-Learning, Kompetensi PedagogikAbstract
Pasal 1 UU No. 14 tahun 2005 menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah. Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah untuk mengetahui penerapan hasil pelatihan E -learning guru ekonomi melalui pemanfaatan teknologi pada kompetensi pedagogik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pernah mengikuti program pelatihan E-Learning lebih dari 2 (dua) kali dalam 2 Tahun terakhir. Program pelatihan ini juga telah diterapkan guru dalam proses KBM, baik secara offline maupun secara online. Penggunaan E-Learning secara offline seperti laptop dan LCD. Penggunaan E-Learning secara online yaitu menggunakan media Handphone dengan aplikasi Edmodo, Moodle, Quipper, dan E-Book.
References
Darmawan, A. 2014. Pembembangan E-Learning
Dinas Pendidikan Kota Blitar E-Learning di Dinas Pendidikan Kota Blitar dalam E-learning.Blitarkota.go.id pada Rabu (25/01/2018)
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran. Malang : Publikasi Pustaka
Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir, H. Kurikulum Berbasis TIK Subbab E-Learning: Konsep Dan Desain Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Jakarta : SPS Universitas Pendidikan Indonesia
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 NANING EKO NOVIANA, DEDDY SETIAWAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
