PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARRATIVE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IXA MELALUI WAYANG KARTUN DI SMP NEGERI 51 SURABAYA
Keywords:
Kartun Wayang, media, narrative text, writingAbstract
Kartun wayang bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aktifitas menulis siswa. Dari siklus pertama, bisa disimpulkan bahwa kebanyakan siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek menulis mereka. Kepercayaan diri dalam mengekspresikan ide dalam menulis teks naratif dalam Bahasa inggris mengalami peningkatan. Terlebih lagi, mereka semakin termotivasi untuk ikut dalam semua kegiatan kelas pada saat implementasi media kartun wayang. Pada awalnya terdapat kesulitan dalam untuk mendorong siswa agar aktif menulis, berdasarkan hasil penelitian, rata-rata siklus pertama siswa adalah 52,55, lalu yang kedua adalah 72, 94 sedangkan yang ketiga adalah 82,84. Hasil didapatkan dari pembelajaran dalam penggunaan diction, conjunction, grammar, vocabulary dan comprehension.
References
Akmaliya, D. (2009). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Media Wayang Kartun Pada Siswa VII A SMP Negeri 1 Kangkung kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi: Universitas Negeri Semarang
Akoid, Drs. 1992. Perencanaan Program Pengajaran, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Ali Akhmadi, 2005. Smart Steps IX. Ganesa Exact, Jakarta.
Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jogjakarta: Rineka Cipta
Anonim. 2016b. Gambar wayang Kartun, sumber: http://bulandolar.com/wp-content/uploads/2016/06/wayang-orang-lucu-kartun. Jpg
Burns, Anne. 2010. Doing Action Research In English Language Teaching. New York: Routledge270 Madison Ave.
Brown H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. NY: Pearson Education, Inc.
Depdiknas. 2005. UU Guru dan Dosen: Garis-garis Besar Program Pengajaran. Jakarta. Depdiknas RI.
Depdiknas.2013. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama. Jakarta; Kementrian Pendidikan Nasional
Dimyati, Dr. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Riwka Cipta.
Nunan, David. 1998. Language Teaching Methology : A Text Book for Techer. London : Prentice Hall.
Wachidah Siti, Dkk. 2015. Bahasa Inggris: Think Globaaly Act Locally IX. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Wardah, Kiki, M., Supardi, I.,. 2014. The Use of Animated Short Film as Media for Teaching English Narrative Writing 1, 1-19.
Widarso, Wisnuboto. 1992 . Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta. Kanisius.
Widdowson, HG. 1996. Teaching Language as Communication. New York : Oxford University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 DARTO

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
