PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARRATIVE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IXA MELALUI WAYANG KARTUN DI SMP NEGERI 51 SURABAYA

Authors

  • DARTO SMP Negeri 55 Surabaya

Keywords:

Kartun Wayang, media, narrative text, writing

Abstract

Kartun wayang bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aktifitas menulis siswa. Dari siklus pertama, bisa disimpulkan bahwa kebanyakan siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek menulis mereka. Kepercayaan diri dalam mengekspresikan  ide dalam menulis teks naratif dalam Bahasa inggris mengalami peningkatan. Terlebih lagi, mereka semakin termotivasi untuk ikut dalam semua kegiatan kelas pada saat implementasi media kartun wayang. Pada awalnya terdapat kesulitan dalam untuk mendorong  siswa agar aktif menulis, berdasarkan hasil penelitian, rata-rata siklus pertama siswa adalah 52,55, lalu yang kedua adalah 72, 94 sedangkan yang ketiga adalah 82,84. Hasil didapatkan dari pembelajaran dalam penggunaan diction, conjunction, grammar, vocabulary dan comprehension.

References

Akmaliya, D. (2009). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Media Wayang Kartun Pada Siswa VII A SMP Negeri 1 Kangkung kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi: Universitas Negeri Semarang

Akoid, Drs. 1992. Perencanaan Program Pengajaran, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ali Akhmadi, 2005. Smart Steps IX. Ganesa Exact, Jakarta.

Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jogjakarta: Rineka Cipta

Anonim. 2016b. Gambar wayang Kartun, sumber: http://bulandolar.com/wp-content/uploads/2016/06/wayang-orang-lucu-kartun. Jpg

Burns, Anne. 2010. Doing Action Research In English Language Teaching. New York: Routledge270 Madison Ave.

Brown H. Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. NY: Pearson Education, Inc.

Depdiknas. 2005. UU Guru dan Dosen: Garis-garis Besar Program Pengajaran. Jakarta. Depdiknas RI.

Depdiknas.2013. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama. Jakarta; Kementrian Pendidikan Nasional

Dimyati, Dr. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Riwka Cipta.

Nunan, David. 1998. Language Teaching Methology : A Text Book for Techer. London : Prentice Hall.

Wachidah Siti, Dkk. 2015. Bahasa Inggris: Think Globaaly Act Locally IX. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wardah, Kiki, M., Supardi, I.,. 2014. The Use of Animated Short Film as Media for Teaching English Narrative Writing 1, 1-19.

Widarso, Wisnuboto. 1992 . Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta. Kanisius.

Widdowson, HG. 1996. Teaching Language as Communication. New York : Oxford University.

Downloads

Published

31.01.2020

How to Cite

DARTO. (2020). PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARRATIVE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IXA MELALUI WAYANG KARTUN DI SMP NEGERI 51 SURABAYA. WIDYALOKA, 7(1), 68–77. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/41