PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA TEKS NARATIF CERPEN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS XI SMA
Keywords:
pengembangan, buku ajar, naratifAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar siswa teks naratif cerpen dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif di kelas XI SMA. Rancangan pengembangan yang digunakan mengikuti modifikasi model 4-D dari Thiagarajan dari tahap perencanaan (define) berupa penyusunan dan desain (design) hingga tahap develop (pengembangan) yang menghasilkan produk buku ajar siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan: a) Buku ajar siswa teks naratif cerpen yang dikembangkan dinyatakan valid; dengan skor 88 kategori baik, b) kepraktisan buku ajar digambarkan dari keterlaksanaan RPP skor 85, respons siswa skor 87, berkategori baik dan kendala lapangan teratasi kriteria kepraktisan praktis c) keefektifan dari gambaran aktivitas siswa selama pembelajaran mengikuti langkah-langkah pendekatan saintifik secara baik; skor 81, aktivitas guru dan siswa terhadap buku ajar siswa skor 79; Hasil belajar siswa secara klasikal 100% tuntas. kategori keefektifan - efektif. Berdasarkan rekapitulasi kualitas dapat disimpulkan bahwa buku ajar siswa teks naratif cerpen dengan pendekatan saintifik dalam penelitian ini dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil yang menunjukkan keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang ditentukan secara umum baik.
References
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Aunurrahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bacon Bill. Corbin & Bryan Kopp. Tanpa Tahun. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotlAsplindex2.htm
Pelita. 2009. Buku Petunjuk Guru untuk pembelajaran yang lebih baik. Depdiknas/Depag-JICA. Jakarta
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudrajat, A. 2008. Lesson study untuk meningkatkan hasil dan proses pembelajaran. www.duniaguru.com
Suminarsih.2008. PAKEM (Pembelajaran Afektif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Semarang : LPMP Jawa Tengah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 YULIANTI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
