PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA TEKS NARATIF CERPEN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • YULIANTI SMA Negeri 1 Long Ikis

Keywords:

pengembangan, buku ajar, naratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar siswa teks  naratif cerpen dalam   pembelajaran Bahasa Indonesia  dengan pendekatan saintifik  yang valid, praktis  dan efektif  di  kelas XI SMA. Rancangan pengembangan yang digunakan mengikuti  modifikasi model 4-D dari Thiagarajan dari tahap perencanaan (define)  berupa penyusunan dan desain (design)  hingga  tahap develop (pengembangan)  yang menghasilkan produk buku ajar siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan: a) Buku ajar siswa teks naratif cerpen   yang dikembangkan dinyatakan valid; dengan skor 88 kategori baik,  b)  kepraktisan buku ajar  digambarkan dari keterlaksanaan RPP skor 85,  respons siswa skor 87,  berkategori baik  dan kendala lapangan teratasi kriteria kepraktisan praktis c) keefektifan  dari  gambaran  aktivitas siswa selama pembelajaran mengikuti langkah-langkah pendekatan saintifik secara baik; skor 81, aktivitas  guru dan siswa terhadap  buku ajar siswa  skor 79; Hasil belajar siswa secara klasikal 100% tuntas. kategori keefektifan - efektif.  Berdasarkan rekapitulasi kualitas dapat disimpulkan bahwa buku ajar siswa  teks naratif  cerpen dengan pendekatan saintifik  dalam penelitian ini  dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil yang menunjukkan keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang ditentukan secara umum  baik.

References

Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Aunurrahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bacon Bill. Corbin & Bryan Kopp. Tanpa Tahun. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotlAsplindex2.htm

Pelita. 2009. Buku Petunjuk Guru untuk pembelajaran yang lebih baik. Depdiknas/Depag-JICA. Jakarta

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudrajat, A. 2008. Lesson study untuk meningkatkan hasil dan proses pembelajaran. www.duniaguru.com

Suminarsih.2008. PAKEM (Pembelajaran Afektif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Semarang : LPMP Jawa Tengah

Downloads

Published

31.01.2020

How to Cite

YULIANTI. (2020). PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA TEKS NARATIF CERPEN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS XI SMA. WIDYALOKA, 7(1), 28–41. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/38