PENGARUH KEMAMPUAN INTENSITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP NILAI AKHIR AKADEMIK SISWA DENGAN GANGGUAN BELAJAR PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR
Keywords:
Intensitas Pembelajaran, Nilai Akademik, Gangguan Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap nilai akhir akademik siswa dengan gangguan belajar di tingkat sekolah dasar. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran yang menekankan nilai-nilai moral, sosial, dan tanggung jawab sebagai warga negara, menuntut strategi pengajaran yang tepat, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui raport nilai akhir dan kuesioner untuk mengukur intensitas pembelajaran, yang mencakup aspek frekuensi, durasi, dan kualitas interaksi dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara intensitas pembelajaran dengan pencapaian akademik siswa dengan gangguan belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin intensif dan berkualitas proses pembelajaran yang diterima, semakin tinggi pula kemungkinan siswa mencapai hasil akademik yang lebih baik. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang adaptif dan terstruktur sangat dibutuhkan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peran guru dan lembaga pendidikan dalam merancang metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa untuk mengoptimalkan potensi akademik mereka.
References
Azhari, Budi. "Identifikasi Gangguan Belajar Dyscalculia Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah." Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 1.1 (2017): 60-74.
Brown, T.L. (2019). "Adaptive Learning Technologies for Students with Disabilities." Journal of Special Education Technology, 34(4), 25-40.
Davis, M.C. & Zhang, Y. (2022). "Educational Interventions for Students with Learning Disabilities." Learning Disabilities Research & Practice, 37(1), 12-28.
Duckworth, A. L., & Yeager, D. S. (2019). "Measurement matters: Assessing personal qualities other than cognitive ability for educational purposes." *Educational Researcher*, 44(4), 237-251.
Hattie, J., & Zierer, K. (2019). "Visible Learning and the Science of How We Learn." *Routledge*.
Hernandez, R.A. (2020). "Teacher Training for Inclusive Education: Strategies and Implications." International Journal of Inclusive Education, 24(7), 671-684.
Heryanto, Heryanto, Siswita Br Sembiring Sembiring, and Jainal B. Togatorop Togatorop. "Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar." Jurnal Curere 6.1 (2022): 45-54.
Lee, J. K., & Shute, V. J. (2020). "The role of self-regulation and motivation in taking different perspectives on academic success." *Journal of Educational Psychology*, 112(6), 1042-1055.
Lee, Y.H. & Kim, S. (2021). "The Role of Teachers in Implementing Inclusive Practices." Teaching and Teacher Education, 101, 103293.
Jowers, A. J. (2020). "Quantifying student engagement and achievement trajectories of high school students: Longitudinal analysis of a nationwide data set." *Journal of Educational Measurement*, 57(4), 520-538.
Pebriyanti, Diah, and Irwan Badilla. "Implementasi pendidikan karakter siswa di kelas pada mata pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV di sekolah dasar." Jurnal Elementaria Edukasia 6.3 (2023): 1325-1334.
Pebriyanti, Diah, and Irwan Badilla. "Implementasi pendidikan karakter siswa di kelas pada mata pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV di sekolah dasar." Jurnal Elementaria Edukasia 6.3 (2023): 1325-1334.
Pertiwi, Sinta Galih, and Yayuk Hidayah. "Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusia dalam Dunia Pendidikan Sekolah Dasar." Jurnal Kewarganegaraan 5.2 (2021): 376-380.
Pratiwi, Eka Fauziah, et al. "Implementasi pendidikan kewarganegaraan melalui nilai pancasila dalam menangani kasus bullying." Jurnal Basicedu 5.6 (2021): 5472-5480.
Pristiwanti, Desi, et al. "Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4." Journal on Teacher Education 4.2 (2022): 1351-1358.
Pristiwanti, Desi, et al. "Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4." Journal on Teacher Education 4.2 (2022): 1351-1358.
Rodriguez, L. & Johnson, P. (2021). "The Impact of Learning Disorders on Academic Performance." Educational Psychology Review, 33(2), 215-230.
Sa’diyah, Melani Khalimatu, and Dinie Anggraeni Dewi. "Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar." Jabstraurnal Pendidikan Tambusai 6.2 (2022): 9940-9945.
Setyawan, Agung, et al. "Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD)." Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1.1 (2020).
Smith, J.A. (2020). "Supporting Students with Learning Disabilities: A Guide for Educators." Journal of Educational Psychology, 112(3), 345-359.
Sun, J. C.-Y., & Rueda, R. (2020). "Situational interest, design factors, and attention in online learning in synchronous cyber classrooms." *Computers & Education*, 146, 103761.
Syaumi, Ihda Khaerunisa, and Dinie Anggraenie Dewi. "Implementasi nilai-nilai pancasila pada siswa sekolah dasar." Jurnal Kewarganegaraan 6.1 (2022): 1957-1963.
Wang, M. T., & Degol, J. L. (2021). "School climate and its impact on students' school motivation and academic achievement." *Review of Educational Research*, 91(3), 373-414.
Warsono, Sri. "Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa." Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 10.5 (2016).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angela Nyoman, Yuniarto Wiryo Nugroho, DWI RIWAYAT SUSIANA , RESI APRIANI HERGITA CANDRA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.