PENELUSURAN KINERJA DAN KEKELIRUAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU DALAM PRAKTEK MICROTEACHING PADA MATAKULIAH PPL 1

Authors

  • Ira Wulan Sari IKIP Widya Darma Surabaya

Keywords:

Kinerja dan Kekeliruan Mahasiswa, Microteaching, PPL 1

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan memperoleh gambaran kinerja mahasiswa dan kekeliruan mahasiswa sebagai calon guru, dalam praktek microteaching pada mata kuliah PPL 1. Subyek penelitian yang diambil melalui teknik purposive sampling berjumlah 4 Mahasiswa Angkatan 2018/2019 IKIP Widya Darma. Instrumen dan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data meliputi 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Kinerja subyek F1, F2, dan M1 sebagai calon guru dalam praktek microteaching dikatakan “Baik”, dengan persentase rata-rata total penilaian kinerja setiap subyek sebesar 90.56%, 81.98%, dan 82.47%. Sedangkan,   kinerja subyek M2 dalam praktek microteaching-nya dapat dikatakan “Cukup Baik” dengan persentase rata-rata total penilaian kinerja sebesar 70.22%. Adapun kekeliruan yang dilakukan oleh para subyek dalam penelitian ini, sehingga perlu adanya perbaikan pada praktek microteaching berikutnya adalah pada tahap pelaksanaan kegiatan yang terjadi di kegiatan inti, meliputi: penyampaian konsep/prinsip/prosedur suatu materi yang diajarkan, penggunaan bahasa lisan, dan penggunaan kalimat tertulis.

References

Huda, C., & Yudiono, U. (2013). Analisis Kinerja Mahasiswa Peserta PPL FKIP Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inpirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 3(2), 281-295.

Kholidah, N. R. J. (2017). Analisis Kemampuan Mengajar Pada Pelaksanaan PPL Prodi PPKN IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2014/2015. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(1), 48-55.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Mikro. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Supriadie, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Downloads

Published

30.07.2021

How to Cite

Ira Wulan Sari. (2021). PENELUSURAN KINERJA DAN KEKELIRUAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU DALAM PRAKTEK MICROTEACHING PADA MATAKULIAH PPL 1. WIDYALOKA, 8(2), 209–223. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/27

Issue

Section

Articles