ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
Keywords:
Keterampilan Metakognitif, Pemecahan MasalahAbstract
Kegiatan memecahkan masalah merupakan kegiatan yang khas dilakukan dalam pembelajaran matematika. Kegiatan pemecahan masalah seorang individu akan menjadi efektif dan efisien apabila individu tersebut mampu mengontrol proses kognitifnya. Kemampuan yang dimiliki individu dalam mengontrol proses kognitfnya disebut kemampuan metakognitif. Kemampuan metakognitif yang dimiliki oleh seorang individu akan membuat individu tersebut memahami lebih mudah apa yang sedang dipelajari, serta dapat dengan mudah menentukan strategi dalam memecahan suatu masalah. Terdapat tiga macam keterampilan esensial dalam keterampilan metakognisi, yakni: perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), dan penilaian (evaluating). Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu subjek melakukan ketiga aspek keterampilan metakognitif, sedangkan kedua subjek yang lain hanya melakukan satu aspek keterampilan metakognitif.
References
Dewi, R. (2014). Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Larutan Penyangga Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. S3 Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Masyhuri. (2008). Metodologi Penelitian. Bandung: Aditama.
Polya, G. (1985). How To Solve It (2 ed.). New Jersey: Princeton University Press.
Sugiarto, B., & Iin, Y. (2012). Korelasi Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Dawarblandong, Mojokerto. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2).
Sugiarto, B., & Nuryana, E. Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Metacognitive Awarness Inventory (MAI) pada Pembelajaran Biologi SMA dengan strategi Jigsaw, Reciprocal Teaching dan Gabungan Jigsaw-Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fanny Adibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
