PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI MASA PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 1 LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STADAbstract
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD adalah suatu model pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu kepada berbagai pendekatan dengan asumsi mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Tujuan Penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus ini untuk mengatasi rendahnya hasil ulangan harian siswa di SMA Negeri 1 Lamongan kelas XI IPA 6 Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi Masa Pendudukan Jepang di Indonesia dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD , hasilnya: Pada siklus I, prestasi belajar siswa meningkat dengan presentase siswa yang tuntas 58, 97%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas 41,03%. Rata-rata kelas adalah 7,0. Pada siklus II, presentase dari tingkat ketuntasan adalah 84,61 % sedangkan siswa yang tidak tuntas dengan presentase 15,39 %. Jadi nilai rata-rata kelas secara keseluruhan adalah 7,82. Disimpulkan bahwa dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berimbas dengan bukti meningkatnya prestasi belajar siswa.
References
Catharina, T. A. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Pres.
Hamalik, O. ( 2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmadi, M. (2009). Strategi Pembelajaran Sejarah Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Kemdikbud. (2017). Model Pembelajaran dalam Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Ngalim, P. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif.
Susilana, R. (2002). Penelitian Tindakan Kelas.
Uno, H. ( 2017). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widja, I. G. (1989). Dasar - Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dewi Kristiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
