PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI MASA PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 1 LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Dewi Kristiana SMA Negeri 1 Lamongan

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Abstract

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  adalah suatu model pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu kepada berbagai pendekatan dengan asumsi mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Tujuan Penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus ini  untuk mengatasi rendahnya hasil ulangan harian siswa di SMA Negeri 1 Lamongan kelas XI IPA 6 Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi Masa Pendudukan Jepang di Indonesia  dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD , hasilnya: Pada siklus I, prestasi belajar siswa meningkat dengan presentase siswa yang tuntas 58, 97%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas 41,03%. Rata-rata kelas adalah 7,0. Pada siklus II, presentase dari tingkat ketuntasan adalah 84,61 % sedangkan siswa yang tidak tuntas dengan presentase 15,39 %. Jadi nilai rata-rata kelas secara keseluruhan adalah 7,82.  Disimpulkan bahwa dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berimbas dengan bukti meningkatnya prestasi belajar siswa.

References

Catharina, T. A. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Pres.

Hamalik, O. ( 2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmadi, M. (2009). Strategi Pembelajaran Sejarah Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Kemdikbud. (2017). Model Pembelajaran dalam Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Ngalim, P. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Susilana, R. (2002). Penelitian Tindakan Kelas.

Uno, H. ( 2017). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widja, I. G. (1989). Dasar - Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

30.07.2021

How to Cite

Dewi Kristiana. (2021). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI MASA PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 1 LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. WIDYALOKA, 8(2), 180–187. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/21

Issue

Section

Articles