EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE LIVE SHOPEE DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS X
Keywords:
Efektivitas Pembelajaran, Live Shoope, Pembelajaran PPKnAbstract
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini masih dilakukan secara konvensional yaitu pembelajaran yang berfokus pada guru yang lebih aktif sedangkan siswa pasif, akibatnya ada unsur paksaan, siswa harus mengikuti apa kemauan guru, meskipun ada murid yang kritis, namun semua jalan pikiran guru dianggap benar oleh murid dan metode pembelajaran ceramah ini tidak baik. Permasalahan rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X MA Z. Perlu dilakukan tindakan supaya hasil pembelajaran dapat meningkat yaitu dengan metode pembelajaran yang dapat menekankan pada keaktifan siswa untuk mengembangkan potensi secara maksimal melalui penelitian dan pegembangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan sering juga disebut Research and Development (R&D). Karena penelitian ini masih baru dan belum pernah ada yang menelitinya. Dengan di dukung oleh data-data lapangan langsung dari MA Z, dari berbagai kegiatan yang mendukung, melalui proses dokumentasi dan interview. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Setelah data terkumpul, maka selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan pola induktif, yakni data yang diperoleh dari MA Z. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa; pertama, Mekanisme penerapan metode pembelajaran Live Shopee dalam pembelajaran PPKn kelas X di MA Z adalah peserta didik di instruksikan untuk membaca buku pelajaran PPKn terlebih dahulu, lalu guru akan memberikan clue atau password kepada peserta didik guna untuk diucapkan sebelum menjawab soal yang guru berikan, kemudian peserta didik akan berebut untuk menjawab soal saat guru telah memberikan soal. Y
References
Christiana, E. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Humaniora, 4(1), 398. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3450
Cohlisin. (2016). Konsep Ilmu Kewarganegaraan dan Pendidikan Kewarganegaraan. 1–50.
Farhan Nurdiansyah, M., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 105–115.
Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 35. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1209
Kurniawan Abidin, Y., & Halimah, L., D. T. (2022). In House Training Desain Dan Produk Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Perkembangan Abad 21 Untuk Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 19(1), 223–228.
Munawarah, B. S., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Kelas V Sdn 20 Cakranegara. Progres Pendidikan, 4(3), 143–153. https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.366
Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 387–402. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23027
UU No 20 Tahun 2003, Kemendiknas (2003).
Sudjana. (2016). Metoda Statistika (7th Edition). In Metoda statistika.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Wiguna, M. O. C. (2021). Pentingnya Prinsip Kebijaksanaan berdasarkan Pancasila dalam Kehidupan Hukum dan Demokrasi Indonesia [The Importance of Wisdom Principles based on Pancasila in Indonesian Legal and Democratic Life]. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 15(1). https://doi.org/10.30641/kebijakan.2021.v15.133-148
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febby Ani Muisdalifah, Sugiantoro Sugiantoro, Dwi Riwayat Susiana, Dian Kusumawati, Niswatin Niswatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.