UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD DI SDN PUCANG JAJAR

Authors

  • Heru Purnomo IKIP Widya Darma

Keywords:

Pendidikan, Sumber Daya Manusia

Abstract

Pendidikan merupakan segala usaha yang dilaksanakan dengan sadar,dan bertujuan mengubah tingkah laku manusia kearah yang lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Pendidikan akan merangsang kreativitas seseorang agar sanggup menghadapi tantangan-tantangan alam, masyarakat, teknologi serta kehidupan yang semakin kompleks. Indonesia dipenghujung akhir abad ke-20, dilihat dari jumlah penduduknya yang telah menjadi Negara terbesar kelima di dunia. Jumlah yang besar ini sebenarnya merupakan potensi pembangunan apabila diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Pembangunan nasional membutuhkan SDM yang berkualitas yang memiliki sikap dan tekad kemandirian. Kualitas SDM dapat ditingkatkan dengan pendidikan. Parameter penilaian kualitas SDM ini adalah semangat dan kemampuan mengoperasikan dan mengaplikasikan teknologi.

Program Pembinaan pendidikan dasar antara lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai landasan bagi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kegiatan pokok dalam upaya peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan menengah dengan ; menyusun kurikulum yang berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan dan potensi pembangunan daerah, mampu meningkatkan kreativitas guru sesuai dengan kapasitas peserta didik serta menekankan perlunya keimanan, dan ketaqwaan , wawasan kebangsaan, kesehatan jasmani, kepribadian yang berakhlak mulia, beretos kerja, memahami hak dan kewajiban, serta meningkatkan penguasaan ilmu.

References

Arikunto, S, (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Conroy, P.W. (2006). English Language Learners With Visual Impairments: Strategies to Enhance Learning. RE:view; Fall 2005; 37,3; Academic Research Library.

Depdiknas. (2006). Standart Kompetensi Kurikulum 2006: BNSP Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Depdiknas

Kemmis,S. & Mc.Taggart,R.(1990). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohmadi, (2014). Penelitan Tindakan Kelas: Upaya Trampil Menulis Karya Tulis Ilmiah Untuk Pengembangan Karier Guru Profesional. Surakarta: Cakrawala Media

Rowh, Mark. (1992). Six Factor to Consider When Using Audio Visual Material. Offi ce System. Mt. Airy: Feb 1992.Vol.9, Iss.2; pg.23, 3 pgs.

Sadiman, Arif S. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta.: Raja Grafi ndo Persada

Subiyanto, (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Duta Publishing Indonesia

Wiriaatmadja. R. (2006). Metode Penelitan Tindakan Kelas: Untuk meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya

Published

29.01.2024

How to Cite

Heru Purnomo. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD DI SDN PUCANG JAJAR. WIDYALOKA, 11(1), 33–45. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/173