ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA WIDYA DARMA KELAS XI MIPA DALAM MATERI TRANSFORMASI
Keywords:
Kemampuan Pemahaman, Konsep Matematika, TransformasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan pemahaman konsep dari siswa SMA Widya Darma Surabaya kelas 11 MIPA dalam materi transformasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 MIPA SMA Widya Darma Surabaya semester II Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 10 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan adalah 4 soal essay yang menguji kemampuan pemahaman konsep transformasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 11 MIPA SMA Widya Darma Surabaya Semester II Tahun Ajaran 2022/2023 pada materi transformasi tergolong di tingkat sedang, hal ini terbukti dari hasil nilai tertinggi yang di peroleh siswa adalah 94 dan yang terendah 76 dan hasil rata-rata keseluruhan nilai tes adalah 84,1 dimana jika di ukur dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai 86,1 tergolong B (Baik), Dengan jumlah siswa dalam satu kelas hanya 10 orang memungkinkan suasana belajar lebih kondusif serta memudahkan guru untuk menjelaskan lebih detail kepada siswa yang masih kurang paham, maka hal tersebut memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru di saat pembelajaran.
References
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239..
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Munira, Z. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Jenis Kelamin Selama Pandemi Covid-19. UIN AR-RANIRY.
Negara, S. D. (2013). Membangun Perekonomian Indonesia Yang Inklusif Dan Berkelanjutan. Masyarakat Indonesia, 39(1), 247–262. https://jmi.ipsk.lipi.go.id/index.php/jmiipsk/article/viewFile/319/190
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (cetakan ke-22). Alfabeta.
Supriati, N., Bumi Antapani, G., Cicalengka Raya No, J., Kota Bandung, P., & Caringin No, J. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Masalah Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Coyre Review Horay Pada Kelas IV SD. Journal of Elementary Education, 02, 3.
Wari, C. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGMI Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/6872/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Icha Sabrina, Fanny Adibah, Ira Wulan Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
