PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 13 SURABAYA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Kholifah SMA Negeri 13 Surabaya

Keywords:

Project based learning, kemampuan kognitif, lesson study

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan di kurikulum merdeka adalah project-based learning. Penelitian merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengimplementasikan model pembelajan PjBL untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah sampel penelitian terdiri dari 36 peserta didik di SMA Negeri Surabaya. Penilitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus menggunakan pendekatan lesson study yang terdiri dari plan, do, dan see. Data penelitan berdasarkan pada observasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian kognitif peserta didik di masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif peserta didik setelah melakukan pembelajaran bernilai 0,46. Hal ini menunjukkna bahwa terdapat peningkatan meskipun pada kategori sedang.

References

Daniel, D. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 7–13.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51–58.

Juwanti, A. E., Salsabila, U. H., Putri, C. J., Nurany, A. L., & Cholifah, F. N. (2020). Project-Based Learning (PjBL) untuk PAI Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2).

Mahasneh, A. M., & Alwan, A. F. (2018). The Effect of Project-Based Learning on Student Teacher Self-Efficacy and Achievement. International Journal of Instruction, 11(3), 511–524.

Mokambu, F. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.”

Prabawa, D. G. A. P. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Proyek.

Sukerti, G. N. A. (2019). Fostering Students’ Presentation Skill Using Infographic: The Implementation of Project-Based Learning in English for Specific Purposes. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 3(2).

Suranti, N. M. Y., Gunawan, & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2).

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidiakn Anak Usia Dini, 6(2).

Taufiqurrahman, & Junaidi. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. International Journal of Educational Resources, 2(2).

Ummah, S. K., In’am, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating Manipulatives: Improving Students’ Creativity through Project-Based Learning. Journal on Mthematics Education, 10(1).

Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Modl Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika SIswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Tidar. Pillat of Physics Education, 1, 48–54.

Published

29.01.2024

How to Cite

Kholifah. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF KELAS X SMA NEGERI 13 SURABAYA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING. WIDYALOKA, 11(1), 1–12. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/170