PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY

Authors

  • SRI KUSMIATI SMA Negeri 1 Cerme

Keywords:

kooperatig, two stay two stray, partisipasi, hasil belajar, Pkn

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar PPKn setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua putaran. Sasaran penelitian ini siswa kelas XII IPA-5 SMAN 1 Cerme, semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Data kemudian di analisis dan disajikan dalam bentuk dwskriptif-kualitatif. Hasilnya, partisipasi siswa mengalami peningkatan, siklus I (68%), siklus II (94%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, siklus I (67,65%), siklus II (91,18%). Simpulan dari penelitian ini, model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas XII IPA-5 SMAN 1 Cerme.

References

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budimansyah, D. (2019). Model pembelajaran dan penilaian berbasis portofolio: Genesindo.

Permendiknas no.104 tahun 2014 Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi Belajar pada Kurikulum 2013 (2014).

Husniarman, E. ( 2020). Model pembelajaran kooperatif tipe two Retrieved 3 August, 2022, from http://ras-eko.blogspot.com/2020/05/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-two.html

Isjoni. ( 2018). Cooperative Learning dalam Berbagai Level Penerapan. Bandung: Nusa Media.

Jatmiko, B., & Rachmawati, F. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Depdiknas.

Lie, A. (2012). Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Mukhlis, A. (2015). Penerapan TSTS untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Presentasi Pembelajaran. Makalah Panitian Pelatian Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban. Tuban.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, T. (1997). Teori belajar dan model pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sukidin, e. a. (2012). Pembelajaran dan Hasil Belajar Ilmu Sosial.

Published

31.01.2023

How to Cite

SRI KUSMIATI. (2023). PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY . WIDYALOKA, 10(1), 70–87. Retrieved from http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/124