IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTs AL HIDAYAH SIDOARJO
Kata Kunci:
implementasi, kurikulum, pembelajaran berbasis pesantrenAbstrak
Tujuan penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan tentang (1) landasan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren (2) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis Pesantren (3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi metode, Hasil penelitian ini adalah (1) MTs Al Hidayah Sidoarjo menggunakan Kurikulum Merdeka berdasarkan kurikulum kedinasan dan kepesantrenan (2) Pembelajaran dilaksanakan selain sesuai jam formal sekolah juga dilakukan pembelajaran selama santri tinggal di asrama. (3) Adapun faktor pendukung yaitu adanya kebijakan sekolah yang tepat, guru yang professional, dan sarana prasarana yang lengkap. Pengajaran di pondok pesantren MTs Al Hidayah Sidoarjo berbasis pesantren salafiyah yaitu metode pembelajaran sorogan, bandongan/wetonan, dan muhafazah yang mengacu pembelajaran kepesantrenan
Referensi
Arikunto, S., dan L. Yuliana, 2008, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media bekerjasama dengan FKIP UNY.
Azra, A, 2000 , Pendidikan Islam,Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Bayanfar, F, 2013, The Effect of Hidden Curriculum on Academic Achievement of High School Student, International Research Journal of Applied and Basic Sciences, Vol, 5 (6): 671-681
Chirwa, G, 2014, Curriculum Change and Development in Malawi: A Historical Overview, Mediterranean journal of School Sciences, Vol 5 No. 16: 336-346
Dakir, 2004, Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2003, pondok
Pesantren & Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta.
Dhofier, Z, 2005, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S Hamalik, O, 2006, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
, 2007, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Hasan,I, 2009. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarata: PT. Bumi Aksara
Hasbullah, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.
Jakaria, M, 2012, Contribusi of Madrasah To The Development of The Nation Character.
International Journal of Scientific & Technology Research, Vol.1: 37-39
Jalaluddin & Usman, S, 1994, filsafat Pendidikan Islam : Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lumadi, MW, 2014, Building a Conducive Learning Environment in Dysfunctional School: A Curriculum Development Tool, Mediterranean journal of School Sciences, Vol 5 No. 6: 319-325
Madjid N, 1997, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. Maphosa, C, Mudzielwana, NP, Netshifhethe, L, 2014, Curriculum Development in South
African Higher Education Institutions Key Considerations. Mediterranean journal
of School Sciences, Vol 5 No. 6: 355-367
Moleong, Lexy J, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasir, R, 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah
Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution,S. 2001, Asas Asas Kurikulum, Jakata: Bumi Aksara
Sugandi, Akhmad., 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES PERSS Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 12. Jakarta: Alfabeta.
Sukmadinata,NS, 2012, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulton, Mashud, dkk,2004, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka Susilo,J, Muhammad. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan: Yogyakarta Pustaka Pelajar
Sutama, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.
Tabroni, Suprayoga, I, 2001, Metodolgi Penelitian Social Agama, Bandung: Rosada Karya Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Bandung:
Citra Umbara, 2006)
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yasmadi, 2002, Modernisasi Pesantren : Kritikan Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Jakarta : Ciputat Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Imam Gojali

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.