IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTs AL HIDAYAH SIDOARJO

Penulis

  • Imam Gojali Universitas Al-Qolam Malang, Indonesia

Kata Kunci:

implementasi, kurikulum, pembelajaran berbasis pesantren

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan tentang (1) landasan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren (2) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis Pesantren (3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi metode, Hasil penelitian ini adalah (1) MTs Al Hidayah Sidoarjo menggunakan Kurikulum Merdeka berdasarkan kurikulum kedinasan dan kepesantrenan (2) Pembelajaran dilaksanakan selain sesuai  jam formal sekolah juga dilakukan pembelajaran selama santri tinggal di asrama. (3) Adapun faktor pendukung yaitu adanya kebijakan sekolah yang tepat, guru yang professional, dan sarana prasarana yang lengkap. Pengajaran di pondok pesantren MTs Al Hidayah Sidoarjo berbasis pesantren salafiyah yaitu metode pembelajaran sorogan, bandongan/wetonan, dan muhafazah yang mengacu pembelajaran  kepesantrenan

Referensi

Arikunto, S., dan L. Yuliana, 2008, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media bekerjasama dengan FKIP UNY.

Azra, A, 2000 , Pendidikan Islam,Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bayanfar, F, 2013, The Effect of Hidden Curriculum on Academic Achievement of High School Student, International Research Journal of Applied and Basic Sciences, Vol, 5 (6): 671-681

Chirwa, G, 2014, Curriculum Change and Development in Malawi: A Historical Overview, Mediterranean journal of School Sciences, Vol 5 No. 16: 336-346

Dakir, 2004, Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2003, pondok

Pesantren & Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta.

Dhofier, Z, 2005, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S Hamalik, O, 2006, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

, 2007, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hasan,I, 2009. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarata: PT. Bumi Aksara

Hasbullah, 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Jakaria, M, 2012, Contribusi of Madrasah To The Development of The Nation Character.

International Journal of Scientific & Technology Research, Vol.1: 37-39

Jalaluddin & Usman, S, 1994, filsafat Pendidikan Islam : Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lumadi, MW, 2014, Building a Conducive Learning Environment in Dysfunctional School: A Curriculum Development Tool, Mediterranean journal of School Sciences, Vol 5 No. 6: 319-325

Madjid N, 1997, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. Maphosa, C, Mudzielwana, NP, Netshifhethe, L, 2014, Curriculum Development in South

African Higher Education Institutions Key Considerations. Mediterranean journal

of School Sciences, Vol 5 No. 6: 355-367

Moleong, Lexy J, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasir, R, 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah

Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution,S. 2001, Asas Asas Kurikulum, Jakata: Bumi Aksara

Sugandi, Akhmad., 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES PERSS Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 12. Jakarta: Alfabeta.

Sukmadinata,NS, 2012, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulton, Mashud, dkk,2004, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka Susilo,J, Muhammad. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan: Yogyakarta Pustaka Pelajar

Sutama, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.

Tabroni, Suprayoga, I, 2001, Metodolgi Penelitian Social Agama, Bandung: Rosada Karya Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Bandung:

Citra Umbara, 2006)

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yasmadi, 2002, Modernisasi Pesantren : Kritikan Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Jakarta : Ciputat Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-13

Cara Mengutip

Gojali, I. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTs AL HIDAYAH SIDOARJO. Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(02). Diambil dari http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jurnalmetalanguage/article/view/226