Pengembangan Desain Kurikulum Pesantren Mewujudkan Pendidikan yang Inovatif dan Kontekstual

Penulis

  • Achmad Zakaria Universitas Al Qolam Malang

Kata Kunci:

Pengembangan Kurikulum, Pesantren, Pendidikan Islam, Inovasi Kurikulum, Desain Kurikulum

Abstrak

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam mencetak generasi Muslim yang berkualitas dan berakhlak mulia. Salah satu aspek penting dalam keberhasilan pendidikan pesantren adalah kurikulum yang digunakan. Artikel ini membahas tentang pengembangan desain kurikulum pesantren yang berorientasi pada nilai-nilai agama yang mendalam, serta kemampuan untuk menjawab tantangan zaman.

Tujuan utama dari pengembangan kurikulum pesantren adalah untuk menghasilkan santri yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga keterampilan praktis yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap prinsip-prinsip dan model kurikulum yang relevan untuk pesantren

Referensi

Asy-Syafi’i, M. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurhadi, A. (2020). Pendidikan Pesantren: Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: UGM Press.

Wahyudi, T. (2019). Inovasi Kurikulum dalam Pendidikan Pesantren. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-13

Cara Mengutip

Zakaria, A. (2025). Pengembangan Desain Kurikulum Pesantren Mewujudkan Pendidikan yang Inovatif dan Kontekstual. Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(02). Diambil dari http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jurnalmetalanguage/article/view/225