Pengembangan Desain Kurikulum Pesantren Mewujudkan Pendidikan yang Inovatif dan Kontekstual
Kata Kunci:
Pengembangan Kurikulum, Pesantren, Pendidikan Islam, Inovasi Kurikulum, Desain KurikulumAbstrak
Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam mencetak generasi Muslim yang berkualitas dan berakhlak mulia. Salah satu aspek penting dalam keberhasilan pendidikan pesantren adalah kurikulum yang digunakan. Artikel ini membahas tentang pengembangan desain kurikulum pesantren yang berorientasi pada nilai-nilai agama yang mendalam, serta kemampuan untuk menjawab tantangan zaman.
Tujuan utama dari pengembangan kurikulum pesantren adalah untuk menghasilkan santri yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga keterampilan praktis yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap prinsip-prinsip dan model kurikulum yang relevan untuk pesantren
Referensi
Asy-Syafi’i, M. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nurhadi, A. (2020). Pendidikan Pesantren: Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: UGM Press.
Wahyudi, T. (2019). Inovasi Kurikulum dalam Pendidikan Pesantren. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Achmad Zakaria

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.