Pengembangan Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berbasis Sekolah Siaga Bencana (SSB) Di SMK (STM) Turen-Malang
Kata Kunci:
berbasis Sekolah Siaga BencanaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berbasis pada Sekolah Siaga Bencana (SSB) di SMK (STM) Turen-Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analitis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru PAI, dan siswa, serta analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum PAI yang ada di SMK (STM) Turen-Malang masih bersifat teoritis dan kurang mengintegrasikan isu-isu terkait kesiapsiagaan bencana. Program SSB yang ada di sekolah ini belum terhubung secara langsung dengan pembelajaran PAI. Oleh karena itu, desain kurikulum yang dikembangkan bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam, seperti kesabaran (sabr), tolong-menolong (ta'awun), dan keselamatan (salam), dengan keterampilan mitigasi bencana.
Referensi
Anderson, W. A. (2005). Bringing children into focus on the social science disaster research agenda. International Journal of Mass Emergencies and Disasters, 23(3), 159-175.
Cutter, S. L., Boruff, B. J., & Shirley, W. L. (2003). Social vulnerability to environmental hazards. Social Science Quarterly, 84(2), 242-261.
Gopalakrishnan, C., & Okada, N. (2007). Designing resilient communities: A socially inclusive disaster recovery framework. Natural Hazards, 42(3), 367-374.
Wisner, B., Blaikie, P., Cannon, T., & Davis, I. (2004). At Risk: Natural hazards, people's vulnerability, and disasters (2nd ed.). Routledge.
Shaw, R., Shiwaku, K., & Takeuchi, Y. (2011). Disaster education: Community, environment and disaster risk management. Emerald Group Publishing.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Abi Walid, Sita Acetylena

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Metalanguage berhak untuk menyimpan, mengubah format, mengelola di pangkalan data, memelihara dan menerbitkan artikel tanpa meminta izin dari Pencipta selama tetap menggunakan nama Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta.