Literatur Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Sita Acetylena Universitas Al-Qolam Malang Indonesia
  • Mohammad Febri Irawan Saputra Universitas Al-Qolam, Malang, Indonesia

Kata Kunci:

Desain, Kurikulum, , Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Dunia pendidikan memiliki komitmen yang sangat besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Sekolah atau madrasah merupakan tempat bagi siswa untuk mengikuti pelatihan melalui suatu rangkaian Latihan mendidik dan pembelajaran, dalam hal ini pengajar berperan sebagai pengajar atau fasilitator yang membekali siswa dengan informasi. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, tiap-tiap satuan Pendidikan memerlukan suatu alat agar proses pembelajaran berjalan sesuai rencana yang dicita-citakan, yang biasa disebut sebagai kurikulum. Kurikulum adalah segala program pembelajaran yang diberikan lembaga pendidikan selama mengikuti pendidikan kepada peserta didikPenelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek atau objek penelitian, dengan menggunakan metode deskriptif yang berbentuk kata-kata dan bahasa, metode kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami keunikan dari apa yang dapat dilakukan oleh subjek penelitian, seperti perilaku, penegasan, inspirasi, dan aktivitas lainnya secara menyeluruh, serta melalui penggambaran dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dengan memanfaatkan berbagai metode yang bersifat alami. Selain itu, penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian kepustakaanKata "Kurikulum" secara etimologis berasal dari bahasa Latin, yaitu "curriculum," yang berarti bahan ajar. Dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, istilah ini merujuk pada kumpulan mata pelajaran yang disediakan di lembaga pendidikan atau mata kuliah dalam bidang tertentu. Sejalan dengan pandangan Ikmal, kurikulum mencakup semua usaha yang dilakukan dari tingkat sekolah/madrasah hingga perguruan tinggi untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses perancangan kurikulum adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk menghasilkan kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran oleh para pendidik di sekolah atau madrasah. Fokus utama dari perancangan kurikulum adalah menyusun rencana terkait konten dan materi pelajaran yang perlu dipelajari, serta metode pembelajaran yang akan digunakan.Dalam konteks pendidikan Islam, perancangan kurikulum memiliki peranan yang sangat krusial dalam membentuk karakter siswa, memperdalam pemahaman agama, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan zaman. Kurikulum yang efektif seharusnya menempatkan pelajaran mengenai tauhid dan akhlak sebagai prioritas utama.

Referensi

Adolph, R. (2016). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berpusat Pada Peserta Didik. 09(September), 1–23.

Dewi, D. E. C., & Yusilafita, A. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum (PendidikanAgama Islam) PAI di Sekolah Menengah Pertama(SMP). Islamic Education Journal, 5(3), 190–199. https://siducat.org/index.php/ghaitsa

Diana Riski Sapitri Siregar, & Bahrissalim. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.37286/jmp.v2i2.183

Ghozil Aulia, M., Agung Rokhimawan, M., & Nafiisah, J. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya untuk Program Pendidikan Agama Islam. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 224–246. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.184

Kurikulum, D., Islam, P., & Tauhid, B. (2019). Kurikulum, Desain Islam, Pendidikan Tauhid, Berbasis. 5(1), 117–134.

Masdiono, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.243

Pengantar, K. (2022). Makalah Analisis Kurikulum Pendidikan Islam “ Desain Kurikulum Pendidikan Islam ” Program Magister Pendidikan Agama Islam.

Rohman, S., Bima Fandi Asy’arie, & Bunayar, B. (2024). Desain Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 51–72. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.193

Adolph, R. (2016). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berpusat Pada Peserta Didik. 09(September), 1–23.

Dewi, D. E. C., & Yusilafita, A. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum (PendidikanAgama Islam) PAI di Sekolah Menengah Pertama(SMP). Islamic Education Journal, 5(3), 190–199. https://siducat.org/index.php/ghaitsa

Diana Riski Sapitri Siregar, & Bahrissalim. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.37286/jmp.v2i2.183

Ghozil Aulia, M., Agung Rokhimawan, M., & Nafiisah, J. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya untuk Program Pendidikan Agama Islam. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 224–246. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.184

Kurikulum, D., Islam, P., & Tauhid, B. (2019). Kurikulum, Desain Islam, Pendidikan Tauhid, Berbasis. 5(1), 117–134.

Masdiono, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.243

Pengantar, K. (2022). Makalah Analisis Kurikulum Pendidikan Islam “ Desain Kurikulum Pendidikan Islam ” Program Magister Pendidikan Agama Islam.

Rohman, S., Bima Fandi Asy’arie, & Bunayar, B. (2024). Desain Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 51–72. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.193

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-13

Cara Mengutip

Acetylena, S., & Febri Irawan Saputra, M. . (2025). Literatur Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Metalanguage: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(02). Diambil dari http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jurnalmetalanguage/article/view/222