http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jedarr/issue/feedJournal of Education and Research2025-08-01T23:43:44-07:00Journal of Education and Researchjedarr@ikipwidyadarmasurabaya.ac.idOpen Journal Systems<p>Journal of Education and Research adalah Jurnal multidisipliner yang diterbitkan oleh IKIP Widya Darma Surabaya dengan frekuensi terbitan 2 kali setahun yakni pada bulan Juni dan Desember. Semua publikasi di jurnal JEDARR bersifat akses terbuka membuat artikel terbuka secara bebas online</p>http://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/jedarr/article/view/257PERAN EKOSISTEM KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA 2025-07-15T07:47:19-07:00Nurlaila Nurlailanurlaila.21032@mhs.unesa.ac.idAlbrian Fiky Prakosoalbrianprakoso@unesa.ac.id<p>Rendahnya tingkat kewirausahaan di Indonesia, yang masih berada di bawah rata-rata negara tetangga, menunjukkan perlunya strategi peningkatan intensi berwirausaha di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekosistem kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dari angkatan 2021 dan 2022 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 125 orang. Instrumen pengumpulan data berupa angket, sedangkan analisis dilakukan melalui Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses terhadap pendanaan, program dan dukungan pemerintah, infrastruktur fisik, serta pendidikan dan pelatihan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengambil kebijakan dan lembaga pendidikan tinggi untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang mendukung pengembangan usaha mandiri di kalangan mahasiswa.</p>2025-08-01T00:00:00-07:00Copyright (c) 2025 Journal of Education and Research